Abstract:
Pada saat ini smartphone telah menjadi kebutuhan komunikasi yang utama. Bagi
perusahaan ini menjadi peluang bisnis yang sangat besar, oleh karena itu
dibutuhkannya beberapa strategi yang yang tepat untuk mengalahkan para
pesaingnya di industri tersebut. Strategi yang mendasar tentunya berkaitan dengan
brand. Ketika brand suatu perusahaan telah melekat dalam benak konsumen, maka
konsumen akan selalu mengingat dan mempertimbangkan brand tersebut. Suatu
brand dikatakan kuat apabila memiliki brand equity yang tinggi. Persepsi dan
tingkah laku konsumen terhadap suatu brand tergantung dari brand equity. Brand
equity memegang peranan penting dalam menciptakan respon positif dari konsumen
dalam mengevaluasi dan membuat keputusan mengenai brand. Peneliti menemukan
adanya fenomena yang menarik mengenai brand equity smartphone Xiaomi yang
juga berhubungan dengan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan sebelumnya,
di mana pengguna smartphone memiliki persepsi yang baik terhadap Xiaomi namun
hanya sedikit responden yang menggunakan smartphone bermerek Xiaomi. Oleh
karena itu peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai sejauh mana brand
equity perusahaan Xiaomi berdasarkan konsep CBBE (Costumer Based Brand
Equity) di kalangan masyarakat Kota Bandung.
Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian
eksploratif dan desktiptif dengan menggunakan interview, survey menggunakan
kuesioner, wawancara, dan observasi. Sampel pada penelitian ini adalah 120 orang di
Bandung yang menggunakan smartphone Xiaomi dengan menggunakan teknik
convenience sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan
analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan
berdasarkan brand salience, brand performance, brand imagery, brand judgements,
brand feelings, dan brand resonance smartphone Xiaomi di kalangan masyarakat
Kota Bandung sudah baik, namun harus adanya peningkatan brand equity pada
brand feelings, dan brand resonance. Brand superiority smartphone Xiaomi
di kalangan masyarakat di Kota Bandung adalah worth it, di mana adanya
keseimbangan antara harga yang ditawarkan perusahaan dengan kualitas yang
didapatkan oleh konsumen.