Optimalisasi desain SPSM untuk mencegah masuknya cahaya matahari langsung pada ruang kelas Jubilee School Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Purnama, Mimie
dc.contributor.author Sastrawidjaja, Nadya
dc.date.accessioned 2020-11-02T02:40:33Z
dc.date.available 2020-11-02T02:40:33Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39729
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11325
dc.description 6155 - FTA en_US
dc.description.abstract Pencahayaan merupakan salah satu faktor yang penting dalam perancangan bangunan. Pada umumnya, fungsi utama pencahayaan dalam bangunan adalah untuk menunjang kegiatan yang dilakukan secara visual sehingga memberi kenyamanan dan keamanan dalam lingkungan kerja. Pada ruang kelas, aktivitas utama yang dilakukan adalah kegiatan belajar mengajar sehingga pencahayaan menjadi aspek yang paling penting untuk menunjang aktivitas tersebut, baik alami maupun buatan. Dalam kegiatan belajar mengajar, terjadi sebuah proses transfer ilmu dari guru kepada siswa-siswi. Kondisi lingkungan belajar yang nyaman dan sehat menjadi faktor yang sangat penting dalam proses tersebut karena berefek pada konsentrasi dan kesehatan murid-murid. Terutama pencahayaan alami sangat berperan dalam menciptakan suasana ruang kelas yang memenuhi kebutuhan aktivitas di dalam ruang kelas. Pada objek studi penelitian ini, yakni ruang kelas Jubilee School Jakarta, cahaya matahari langsung masuk pada jam-jam tertentu. Padahal menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), pencahayaan alami pada siang hari yang baik dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 dengan distribusi pencahayaan yang merata dan atau tidak menimbulkan kontras yang mengganggu. Cahaya matahari langsung yang masuk ini jatuh pada bidang kerja siswa sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar karena terjadi silau dan kontras. Perlu dilakukan sebuah intervensi untuk mencegah masuknya cahaya matahari langsung yang mengganggu Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatab kuantitatif dengan cara mendeskripsikan fenomena yang terjadi di ruang kelas Jubilee School Jakarta dan menbandingkannya dengan teori Pencahayaan Alami pada bangunan. Data dianalisis untuk mendapatkan pergarakan matahari agar dapat membuat alternatif desain SPSM pada ruang kelas Jubilee School Jakarta dengan mengacu pada teori cara masuk cahaya matahari pada bangunan. Alternatif desain di evaluasi dengan menggunakan teori standar Pencahayaan Alami. Nilai DF dan Iluminasi dibandingkan untuk mendapat alternative desain yang paling efektif Hasilnya adalah alternatif desain SPSM yang optimal. Cahaya matahari langsung tidak masuk ke dalam ruang kelas. Namun, nilai DF dan iluminasi yang dihasilkan masih dibawah standar SNI sehingga dibutuhkan pencahayaan buatan untuk menambah tingkat penerangan pada ruang kelas. Pencahayaan pada ruang kelas Jubilee School Jakarta harus menggunakan penggabungan antara Pencahayaan Alami dan pencahayaan buatan agar dapat memenuhi standar tingkat penerangan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Sirip Penangkal Sinar Matahari en_US
dc.subject Ruang Kelas en_US
dc.subject Cahaya Matahari Langsung en_US
dc.title Optimalisasi desain SPSM untuk mencegah masuknya cahaya matahari langsung pada ruang kelas Jubilee School Jakarta en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016420197
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8833880018
dc.identifier.nidn/nidk KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account