Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat adopsi terhadap penerapan mobile payment berdasarkan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) melalui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi kepercayaan pada sikap terhadap penggunaan serta mengetahui pengaruh sikap terhadap penggunaan pada niat perilaku untuk menggunakan T-cash TAP di Kota Bandung sebagai alternatif mobile payment berbasis Near Field Communication. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena penerapan teknologi mobile payment berbasis Near Field Communication (NFC) sebagai alat transaksi pembayaran masih tergolong baru dan pertama kali dikembangkan oleh PT. Telekomunikasi Selular, sehingga penggunaannya masih rendah. Jenis penelitian merupakan penelitian terapan. Penelitian ini menggunakan 120 responden sebagai sampel. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik judgemental sampling. Dalam penelitian ini, dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta pengujian terhadap hipotesis menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap penggunaan dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi kepercayaan baik secara parsial maupun simultan. Sikap terhadap penggunaan berpengaruh positif pada niat perilaku untuk menggunakan T-cash TAP.