Abstract:
Industri teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat berkembang sangat pesat. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan kemudahan berkomunikasi terus meningkat, sehingga perusahaan komunikasi berlomba-lomba untuk menggaet konsumen seluas-luasnya. Untuk itu salah satu hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melaksanakan sales promotion yang berbentuk bonus, tetapi perusahaan harus tahu bagaimana respons yang diberikan oleh konsumen terhadap bonus yang telah dilakukan oleh PT. XL Axiata.
PT. XL Axiata merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri teknologi informasi dan komunikasi, yang berdiri sejak 8 Oktober 1996 di Indonesia. PT. XL Axiata menawarkan beberapa paket internet yaitu misalnya XL bebas, XL Hotrod 3G+, dan XL Xmart Plan. Paket yang internet yang digunakan dalam penulisan ini hanyalah fokus kepada bonus kuota dari paket internet XL Hotrod 3G+ dan bagaimana respons konsumen terhadap bonus yang telah dilakukan.
Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode uji hipotesis dengan teknik pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan oleh penulis mengenai sales promotion dan bonus yang diberikan oleh PT. XL Axiata, wawancara terhadap konsumen XL, dan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen yang memakai XL, tetapi hanya fokus kepada anak muda yang berusia antara 15 sampai dengan 25 tahun.
Hasil penulisan ini tentang respons konsumen adalah konsumen mudah dalam mencari informasi mengenai bonus, adanya kejelasan dari pihak PT. XL Axiata mengenai bonus kepada konsumen, dan bonus yang diberikan sama dengan informasi yang disampaikan sebelumnya, sedangkan untuk kemenarikan dari bonusnya menurut konsumen tidak menarik. Selain itu, hasil mengenai keputusan penggunaan oleh konsumen adalah konsumen memiliki kecenderungan untuk menggunakan bonus yang diberikan walaupun frekuensi penggunaannya tidak terlalu sering
Saran untuk penulisan ini bagi perusahaan agar bonus yang diberikan tidak terlalu larut malam sehingga banyak yang menggunakan, dan saran untuk penelitian selanjutnya, penulis berharap pembahasannya lebih mendalam.