Pemetaan konsumen berdasarkan faktor penyebab menggunakan atau tidak menggunakan jasa transportasi online UberX dan Grab Taxi di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Setiawan, Jessica
dc.date.accessioned 2017-03-21T06:14:24Z
dc.date.available 2017-03-21T06:14:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33671
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1090
dc.description 22443 - FE en_US
dc.description.abstract Pendahuluan - semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, manusia dapat memesan jasa transportasi taksi dengan hanya satu sentuhan jari melalui ponsel pintar. UberX dan Grab Taxi, merupakan jasa transportasi taksi online tentu membantu manusia memotong proses pemesanan di mana dapat berkomunikasi secara langsung dan dapat mengetahui keberadaan supir. Dengan berbagai kemudahan yang didapatkan melalui jasa transportasi online, konsumen masih memiliki sikap (attitude toward using) dan niat (behavioral intention to use) untuk menggunakan serta penggunaan yang sebenarnya (actual use) yang rendah dengan alasan, jasa transportasi online tidak bermanfaat (perceived usefulness) karena mereka tidak bisa menggunakan (perceived ease of use) aplikasi jasa transportasi online tersebut, harga yang harus dibayarkan (perceived cost) dan tingkat kepercayaan (trust) mempengaruhi niat responden untuk menggunakan jasa transportasi online. Tujuan – tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan konsumen berdasarkan faktor penyebab menggunakan atau tidak menggunakan jasa transportasi online UberX dan Grab Taxi di Kota Bandung. Metode Penelitian – penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada 406 responden di Bandung dengan rentang umur 14-55 tahun yang merupakan target pasar UberX dan Grab Taxi. Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk melihat pengaruh independen variabel (perceived cost, trust, perceived ease of use, perceived usefulness) kepada dependen variabel (attitude toward using, behavioral intention to use, actual use). Separated T-test digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata antara responden yang menggunakan UberX dengan Grab Taxi dan responden yang berusia 40 tahun kebawah dengan responden yang berusia 40 tahun keatas. Temuan – hasil dari penelitian ini adalah perceived ease of use, perceived usefulness, perceived cost, dan trust memiliki pengaruh yang signifikan terhadap attitude toward using, dan attitude toward using memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention to use di mana actual use dipengaruhi oleh behavioral intention to use. Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan perceived cost, trust, attitude toward using, behavioral intention to use, actual use, tetapi tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara perceived ease of use dan perceived usefulness responden yang menggunakan UberX dengan responden yang menggunakan Grab Taxi. Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, actual use, tetapi tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara perceived cost dan trust responden yang berusia 40 tahun ke bawah dan responden yang berusia 40 tahun ke atas. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject UberX, Grab Taxi, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived cost, trust, attitude toward using, behavioral intention to use, actual use en_US
dc.title Pemetaan konsumen berdasarkan faktor penyebab menggunakan atau tidak menggunakan jasa transportasi online UberX dan Grab Taxi di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120171
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account