Abstract:
Analisis strategi bersaing pada Kopi Alit memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa ketat persaingan industri kedai kopi di Kota Bandung serta mengetahui strategi apa yang sebaiknya digunakan Kopi Alit untuk dapat mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan kompetitor yang ada di industri tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis deskriptif analits yang diperoleh dari buku, jurnal, observasi dan wawancara tidak terstruktur dengan pemilik Kopi Alit agar mendapatkan informasi dan data terkini serta data-data dari perusahaan sebagai data sekunder. Teknik analisis yang digunakan pada tulisan ini adalah analisis PESTEL, analisis Porter’s Five Forces, serta faktor internal lalu diolah dengan matriks EFE – IFE dan matriks IE. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan peneliti, Kopi Alit memiliki persaingan yang cukup kuat di industri kedai kopi dilihat dari segi harga, kualitas, dan konsep yang digunakan. Dilihat dari matriks IE posisi Kopi Alit berada di kuadran 5, hasil tersebut dilihat dari perhitungan matriks EFE sebesar 2,85 dan perhitungan matriks IFE sebesar 2,95. Dengan demikian strategi yang direkomendasikan penulis untuk Kopi Alit berdasarkan teori adalah strategi intensif (penetrasi pasar dan pengembangan produk), dimana perusahaan memerlukan upaya yang intensif untuk meningkatkan posisi kompetitifnya.