Abstract:
Persaingan bisnis saat ini semakin ketat disebabkan karena pe1aku bisnis yang
bermunculan pada berbagai industri. Bisnis yang perkembangannya cukup cepat
adalah bisnis kuliner. Menurut data Badan Pusat Statistik (2018), pertumbuhan
konsumsi restoran dan cafe di Indonesia yang meningkat pada 2018 tercatat 5,47
persen dan 5,39 persen pada tahun 2017. Dengan meningkatnya konsumsi
masyarakat kepada restoran dan cafe di Indonesia selaras dengan pertumbuhan
jum1ah restoran dan cafe di Kota Bandung. Salah satu restoran dan cafe di Kota
Bandung yaitu The Larder at 55 Bandung menawarkan pe1ayanan yang baik dimata
konsumennya, dampak dari pelayanan yang baiklkualitas pelayanan terse but adalah
dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen. Dengan adanya pemenuhan
harapan yang dimiliki pelanggan akan berdampak terhadap loyalitas pelanggan
terse but.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kualitas pe1ayanan
terhadap loyalitas pe1anggan di The Larder at 55 Bandung dan mengevaluasi
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di The Larder at 55
Bandung.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian eksplanatori dan
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data diperoleh dipelajari
dan ditarik kesimpulannya oleh penulis dengan menyebarkan kuesioner dan
wawancara kepada 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan loyalitas
pelanggan di The Larder at 55 memiliki tingkat hubungan yang sedang dengan nilai
koefisien korelasi 0,575. Berdasarkan kesimpulan penelitian terdapat 3 pemyataan
terkait variabel kualitas pelayanan dengan peringkat tertinggi yang harus dijaga,
dan terdapat 3 pernyataan dengan peringkat terendah terkait kualitas pe1ayanan
yang harus diperbaiki agar The Larder at 55 dapat berkembang 1ebih baik sehingga
berdampak terhadap loyalitas pelanggan.