Abstract:
Pertumbuhan bisnis kuliner yang semakin pesat menimbulkan persaingan
antar-pebisnis di bidang kuliner terutama jika masing-masing pebisnis tersebut
menawarkan jenis makanan dan minuman yang serupa. Rumah makan di daerah
Bndung yang sekarang ini sangat banyak bermunculan adalah Ayam
Geprek.Ayam Geprek Bebas merupakan salah satu Rumah makan Ayam Geprek
yang menggunakan daun kemangi yang membuat banyak orang yang datang dan
menikmatinya. Dengan penggunaan bauran pemasaran yang tepat tentu dapat
mempengaruhi dalam hal loyalitas konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh
bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen pada Ayam Geprek Bebas. Jenis
penelitian adalah eksplanatori, pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara, dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran pada Ayam Geprek
Bebas termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji korelasi adalah 0,806 yang
termasuk korelasi sangat kuat. Pengujian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan dan positif dari bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen
dengan koefisien determinasi sebesar 65%.
Berdasarkan hasil tabel peringkat pada tanggapan responden, terdapat 3
pernyataan kuesioner dengan peringkat terendah mengenai tampilan gambar di
Instagram, variasi menu, dan tampilan & kemasan yang di sajikan. Untuk itu
Ayam Geprek Bebas disarankan dapat memberikan perhatian kepada tiga hal ini.