Abstract:
PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian barang consumer goods terletak di Kota Bandar Lampung, berdiri sejak tahun 1975 hingga saat ini. Dalam tiga tahun terakhir PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur mengalami peningkatan laba dan penjualan. Berdasarkan hasi wawancara awal yang dilakukan kepada head of sales and marketing dari PT. Cahaya Lestari Teguh Makmur bahwa personal selling menjadi faktor penting dalam bidang pemasaran terutama yang berkaitan dengan keberlanjutannya suatu hubungan antara konsumen dengan perusahaan. Personal selling juga menjadi dasar bagi sales untuk bersikap agar konsumen tetap melakukan re-order. Dengan penerapan personal selling yang optimal maka perusahaan mampu meningkatkan penjualan dan berdampak pada peningkatan laba perusahaan. Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah implementasi kebijakan personal selling pada PT. Cahaya Lestari Teguh
Makmur berpengaruh pada peningkatan laba dan penjualan.
jenis Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode jenis penelitian
deskriptif analitis. Metode yang digunakan adalah dalam bentuk survey dan
wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik survey , wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode
keabsahan yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber.
Ternyata hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan personal selling yang
optimal memiliki pengaruh pada penjualan dan laba di PT. Cahaya Lestari Teguh
Makmur.