Abstract:
Perkembangan internet saat ini sangat pesat. Hampir di seluruh Indonesia sudah
terkoneksi dengan internet. Hal ini juga diikuti dengan perkembangan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai sarana untuk saling berhubungan satu sama lain serta menjadi sarana pemasaran untuk bisnis mereka. Humanity Coffee adalah salah satu coffee shop yang memakai media sosial
Instagram Untuk memperkenalkan menu-menu yang ada di café tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada 20 orang responden, hasil yang didapatkan bahwa mereka mengetahui akun Instagram Humanity coffee dan tertarik untuk mengunjungi Humanity Coffee karena menu yang ditawarkan di media sosial Instagram serta content yang di upload menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dari electronic word of mouth yang mempengaruhi purchase intention. Namun hal ini perlu dibuktikan dengan melakukan penelitian mengenai pengaruh Electronic Word of Mouth di media sosial Instagram terhadap Purchase Intention di Humanity coffee Bandung.
Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada
pengaruh Electronic Word of Mouth di sosial media Instagram terhadap Purchase
Intention di Humanity Coffee bandung Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Teknik Accidental Sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner diberikan kepada 120 responden dan Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth beserta dimensi nya di media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention di Humanity Coffee Bandung.