Pengaruh kepuasan konsumen atas bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen bakmi mewah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Rusli, Meliana
dc.date.accessioned 2017-03-21T04:01:42Z
dc.date.available 2017-03-21T04:01:42Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33551
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1070
dc.description 22323 - FE en_US
dc.description.abstract Melihat peluang bisnis mie instan yang cukup berkembang, maka muncul produk mie instan yang bernama Bakmi Mewah. Bakmi Mewah adalah sebuah produk mie instan produksi PT Mayora Indah Tbk yang diluncurkan sejak Februari tahun 2016. Mengingat produk mie instan merupakan produk yang bersifat homogen dengan kisaran harga yang relatif sama dan rasa yang relatif sama satu produk dengan produk lainnya, maka peran dari marketing mix (seperti tempat atau lokasi toko, harga, promosi, faktor produk) yang efektif sangat diperlukan sebagai cara untuk meningkatkan volume penjualan Bakmi Mewah. Marketing Mix digunakan dalam strategi pemasaran sebagai suatu cara untuk mempengaruhi konsumen agar mau bertindak membeli suatu produk atau service dan dipersepsikan melalui variabel yang terdiri dari produk, harga, tempat/saluran distribusi, dan promosi yang dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini antara lain; mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas bauran pemasaran Bakmi Mewah, mengetahui loyalitas konsumen Bakmi Mewah, dan mengetahui pengaruh kepuasan konsumen atas bauran pemasaran terhadap loyalitas Bakmi Mewah. Metode penelitian yang digunakan Penulis dalam skripsi ini adalah penelitian eksplanatori yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Data primer di dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada konsumen sebanyak 97 responden. Untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen atas bauran pemasaran Bakmi Mewah terhadap loyalitas konsumen maka digunakan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan program SPSS, penulis memperoleh hasil analisis dan kesimpulan bahwa tingkat kepuasan konsumen atas bauran pemasaran Bakmi Mewah berada pada kategori sedang. Kepuasan atas product termasuk kategori sedang (3,03). Kepuasan atas price termasuk kategori sedang (3,12). Kepuasan atas place termasuk kategori tinggi (3,56). Kepuasan atas promotion termasuk kategori tinggi (3,58). Loyalitas konsumen Bakmi Mewah berada pada kategori sedang. Dari empat dimensi kepuasan konsumen atas bauran pemasaran, dimensi kepuasan atas place dan kepuasan atas promotion tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan kepuasan konsumen atas produk dan harga memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen Bakmi Mewah sebesar 77,8%. Berdasarkan kesimpulan yang didapatkan, Penulis mengemukakan beberapa saran antara lain perusahaan perlu mengevaluasi kembali porsi, rasa dan aroma topping pada produk Bakmi Mewah. Selain itu, perusahaan perlu juga memperhatikan kesesuaian harga dengan size Bakmi Mewah dan kesesuaian harga dengan size topping pada Bakmi Mewah. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Bauran pemasaran, loyalitas konsumen en_US
dc.title Pengaruh kepuasan konsumen atas bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen bakmi mewah en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120003
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account