Abstract:
Melihat peluang bisnis mie instan yang cukup berkembang, maka muncul produk mie
instan yang bernama Bakmi Mewah. Bakmi Mewah adalah sebuah produk mie instan
produksi PT Mayora Indah Tbk yang diluncurkan sejak Februari tahun 2016.
Mengingat produk mie instan merupakan produk yang bersifat homogen dengan
kisaran harga yang relatif sama dan rasa yang relatif sama satu produk dengan
produk lainnya, maka peran dari marketing mix (seperti tempat atau lokasi toko,
harga, promosi, faktor produk) yang efektif sangat diperlukan sebagai cara
untuk meningkatkan volume penjualan Bakmi Mewah. Marketing Mix digunakan dalam
strategi pemasaran sebagai suatu cara untuk mempengaruhi konsumen agar mau
bertindak membeli suatu produk atau service dan dipersepsikan melalui variabel
yang terdiri dari produk, harga, tempat/saluran distribusi, dan promosi yang
dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini antara lain; mengetahui tingkat
kepuasan konsumen atas bauran pemasaran Bakmi Mewah, mengetahui loyalitas
konsumen Bakmi Mewah, dan mengetahui pengaruh kepuasan konsumen atas bauran
pemasaran terhadap loyalitas Bakmi Mewah. Metode penelitian yang digunakan
Penulis dalam skripsi ini adalah penelitian eksplanatori yaitu penelitian yang
bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan
variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya.
Data primer di dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner
kepada konsumen sebanyak 97 responden. Untuk menganalisis pengaruh kepuasan
konsumen atas bauran pemasaran Bakmi Mewah terhadap loyalitas konsumen maka
digunakan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan program SPSS, penulis
memperoleh hasil analisis dan kesimpulan bahwa tingkat kepuasan konsumen atas
bauran pemasaran Bakmi Mewah berada pada kategori sedang. Kepuasan atas product
termasuk kategori sedang (3,03). Kepuasan atas price termasuk kategori sedang
(3,12). Kepuasan atas place termasuk kategori tinggi (3,56). Kepuasan atas
promotion termasuk kategori tinggi (3,58). Loyalitas konsumen Bakmi Mewah
berada pada kategori sedang. Dari empat dimensi kepuasan konsumen atas bauran
pemasaran, dimensi kepuasan atas place
dan kepuasan atas promotion tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap
loyalitas konsumen. Sedangkan kepuasan konsumen atas produk dan harga
memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen Bakmi Mewah sebesar 77,8%.
Berdasarkan kesimpulan yang didapatkan, Penulis mengemukakan beberapa saran
antara lain perusahaan perlu mengevaluasi kembali porsi, rasa dan aroma topping
pada produk Bakmi Mewah. Selain itu, perusahaan perlu juga memperhatikan
kesesuaian harga dengan size Bakmi Mewah dan kesesuaian harga dengan size
topping pada Bakmi Mewah.