Analisis strategi bersaing pada Toko 'Sari Rasa 888' Cirebon

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Fiona, Angelica
dc.date.accessioned 2020-04-20T04:39:50Z
dc.date.available 2020-04-20T04:39:50Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39230
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10638
dc.description 9088 - FISIP en_US
dc.description.abstract Salah satu destinasi wisata yang sedang bertumbuh di Pulau Jawa ialah Kota Cirebon, beragam akses menuju Kota Cirebon sudah sangat memadai untuk dipakai masyarakat. Jalan Tol Cipali, jalur kereta api, sampai Bandara Kertajati siap dipakai untuk mengantar masyarakat ke Kota Cirebon. Sebagai wisatawan yang berkunjung ke daerah asing pasti ingin membawa pulang buah tangan atau setidaknya menyicipi makanan khas daerah tersebut. Destinasi wisata Kota Cirebon salah satunya ialah Pasar Kanoman yang terkenal dengan beragam kuliner khas Cirebon-nya. Banyak pula toko-toko yang menawarkan makanan ringan khas Cirebon, salah satunya adalah toko ‘Sari Rasa 888’ yang tepat berada di tengan Jalan Kanoman. Jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Pengambilan data berasal dari kegiatan wawancara dengan narasumber selaku pemilik dan pengelola objek penelitian dan juga melakukan observasi atau pengamatan secara langsung ke objek penelitian. Data yang sudah didapatkan berjenis kualitatif, kemudian data dianalisis mulai dari analisis internal yaitu 4 (empat) fungsi bisnis di dalam perusahaan itu sendiri dan analisis eksternal yang terdiri dari PESTEL dan Porter’s Five Forces. Hasil analisis tersebut akan menghasilkan beberapa analisa yang akan dirumuskan menggunakan SWOT Matriks untuk mendapatkan strategi yang cocok dengan objek penelitian. Hasil dari analisa menunjukan bahwa toko ‘Sari Rasa 888’ telah menggunakan startegi bersaing diferensiasi. Startegi tersebut dianggap tepat untuk diimpelmantasikan pada objek penelitian karena keadaan sekitar yang juga menjalankan bisnis sejenis. Strategi diferensiasi produk menjadi langkah yang cukup memadai untuk toko ‘Sari Rasa 888’ bertahan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya di Pasar Kanoman pada masa sekarang. Selain itu, peneliti merekomendasikan strategi ‘Low Cost Provider’ sesuai dengan hasil analisis dan ciri-ciri yang terdapat di Matriks SWOT. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Bersaing en_US
dc.subject PESTEL en_US
dc.subject Porter’s Five Forces en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject Low Cost Provider en_US
dc.title Analisis strategi bersaing pada Toko 'Sari Rasa 888' Cirebon en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320147
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account