Abstract:
Budaya organisasi adalah suatu kebiasaan atau cara hidup yang ada dalam
suatu kelompok. Budaya Organisasi terbentuk dari beberapa faktor seperti, nilainilai,
keyakinan, kebiasaan, makna, dan norma yang sama serta dianut oleh suatu
kelompok tertentu. Budaya organisasi juga menjadi salah satu faktor penting
dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Budaya organisasi dapat
diketahui melalui metode Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI)
yang membagi budaya organisasi menjadi 4 alternatif budaya. Budaya organisasi
adalah faktor fundamental untuk memecahkan masalah yang dialami perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan dan mengetahui budaya
organisasi apa yang saat ini diterapkan dan budaya organisasi apa yang
diharapkan di masa yang akan datang oleh Socialights Indonesia.
Penelitian ini dilakukan di Socialights Indonesia yaitu suatu perusahaan
yang bergerak di industri digital marketing. Socialights Indonesia merupakan
perusaahaan pelopor human-centered digital agency di Jakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survei. Pengumpulan data didapat
melalui kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Pemetaan budaya
organisasi Socialights Indonesia menggunakan konsep dari Cameron dan Quinn
yaitu Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI). Kuesioner OCAI
disebarkan kepada 35 responden yang pada penelitian ini adalah karyawan
Socialights Indonesia.
Secara keseluruhan didapatkan hasil bahwa budaya organisasi yang sedang
diterapkan saat ini oleh Socialights Indonesia adalah budaya adhocracy (30.5),
yang diikuti oleh budaya clan (28.37). Sedangkan budaya organisasi yang
diharapkan oleh karyawan di masa yang akan datang adalah budaya clan (33.1),
yang diikuti oleh budaya adhocracy (26.48). Saran yang diberikan untuk
Sosialights Indonesia adalah tetap mempertahankan budaya adhocracy dengan
melakukan diskusi terbuka secara rutin dan pelatihan tanpa melupakan budaya
clan dengan kegiatan playout yang dapat membantu perusahaan kedepannya.