Abstract:
Skincare merupakan salah satu kebutuhan utama, terutama bagi wanita yang ingin kulitnya
terlihat cerah, sehat dan segar. Nature Republic merupakan salah satu merek skincare yang
paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Produk Nature Republic yang paling
terkenal adalah Soothing & Moisture Aloe Vera 92%. Sebagai salah satu brand perawatan
kulit paling terkenal di dunia, Nature Republic memiliki citra merek yang baik sesuai
persepsi konsumen sehingga membuat konsumen mempercayai produk dari merek ini.
Citra merek dapat dikaitkan dengan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Nature
Republic dikarenakan Bauran Pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place,
Promotion dapat mempengaruhi nama baik suatu brand, baik ke arah positif maupun
negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan seberapa besar pengaruh Bauran
pemasaran terhadap Brand Image Nature Republic di Trans Studio Mall, Kota Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah adalah kualitatif
eksplanatori, yaitu pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 112
responden. Setelah dilakukan pengujian, terdapat bahwa data yang diuji sudah valid dan
kedua variabel memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi sebesar 0,819 untuk Bauran
Pemasaran dan sebesar 0,835 untuk Brand Image. Berdasarkan uji korelasi, diketahui
bahwa Bauran Pemasaran dan Brand Image memiliki hubungan yang cukup kuat dengan
nilai signifikansi 0,581. Selain itu, diketahui berdasarkan analisis regresi linear sederhana
bahwa Bauran Pemasaran mempengaruhi Brand Image sebesar 46,9%. Sesuai pengujian
hipotesis dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 7,483, sedangkan t tabel sebesar 1,982. Hal
ini menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran berpengaruh signifikan terhadap Brand Image.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image ditentukan oleh Bauran Pemasaran,
artinya sebuah merek akan memiliki citra yang baik dan terkenal apabila penerapan Bauran
Pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat dan promosi sudah sesuai. Saran yang
dapat diberikan kepada manajemen Nature Republic adalah meningkatkan pemasaran
melalui promosi, lebih berkreasi dan berinovatif dalam memunculkan produk baru,
menambahkan brand ambassador berkompeten, seperti artis maupun boyband yang berada
di tingkat teratas dalam billboard, serta meningkatkan kelas sosial merek demi kebanggan
konsumen terhadap produk yang digunakan.