Abstract:
City Branding merupakan bagian dari perencanaan kota melalui berbagai upaya untuk membangun diferensiasi dan memperkuat identitas kota supaya mampu bersaing dengan kota lainnya demi menarik wisatawan, penanam modal, dan meningkatkan kualitas hubungan antara masyarakat dengan kota. Hasil dari City Branding adalah membangun citra positif tentang kota melalui pembangunan yang membuat perencanaan dan pengelolaan kota menjadi lebih fokus dan terintegrasi pada produksi dan penyampaian pesan yang tepat kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Bandung terhadap Taman Tematik, mengetahui Imej Kota (City Image) Bandung menurut masyarakat kota Bandung, mengetahui presepsi mengenai taman-taman tematik sebagai salah satu strataegi City Branding berpengaruh positif terhadap Imej Kota (City Image) Bandung dikalangan masyarakat kota Bandung sendiri. Metode deskriptif dan eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menguji adanya pengaruh City Branding terhadap City Image kota Bandung. Survey terhadap 400 orang responden yaitu masyarakat Kota Bandung yang pernah mengunjungi Taman Tematik. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara City Branding melalui Taman Tematik Kota Bandung dengan City Image. Saran untuk Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung dan Walikota pada periode terpilih antara lain, persebaran pembangunan Taman Tematik harus lebih merata di Bandung, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan supaya dapat memaksimalkan fungsi Ruang Publik sebagai media taman edukasi bagi masyarakat kota.