Abstract:
Perkembangan usaha yang bergerak di idustri kreatif sangatlah pesat, salah
satunya adalah jasa fotografi. Perkembangan bisnis ini yang membuat persaingan
antar sesame jenis pebisnis di bidang fotografi sangatlah tinggi. Salah satu jasa
fotografi yang ada di kota Bandung adalah Pop Up Event dari Jonas Photo. Pop
Up Event merupakan jasa fotografi yang menerapkan photobooth on location pada
kegiatan wisuda.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif
dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data atas objek penelitian
dikumpulkan melalui pengabatan (observasi), partisipatif, dan wawancara tidak
terstruktur. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan Matriks
SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Internal (EFI), Matriks Evaluasi Faktor Eksternal
(EFE), Matriks Internal-Eksternal, Analisis QSPM, Analisis Lingkungan Internal,
dan Analisis Lingkungan Eksternal.
Strategi yang digunakan pada Pop Up Event adalah pada tahap awal
menggunakan strategi penetrasi pasar dan strategi cost focus. Hasil penelitian,
strategi yang digunakan oleh Pop Up Event cukup efektif. Namun, perlu adanya
langkah strategi lain untuk meningkatkan penjualan dan posisi bersaingnya dari
Pop Up Event.
Hasil dari Matriks Analisis Internal-Eksternal, Pop Up Event berada di
posisi kuadran IV yang merupakan dalam posisi growth atau tumbuh.berdasarkan
hasil tersebut, perusahaan disarankan untuk menggunakan strateti rekomendasi
yaitu pengembangan pasar.Dengan strategi ini, diharapkan dapat mempertahankan
posisi bersaing saat ini dalam menghadapi persaingan yang ada.