Abstract:
Subsektor ekonomi kreatif dalam bidang kuliner sangat berkembang pesat di
Indonesia.Dengan jumlah populasi masyarakat yang melebihi 250 juta orang,
Indonesia adalah pasar yang berpotensi tinggi menghasilkan keuntungan bagi
produsen makanan dan minuman.Hal ini dapat memicu pelaku bisnis untuk
menciptakan strategi yang unik agar dapat unggul dan berbeda dari
pesaing.Brother Jonn and Sons adalah salah satu pelaku bisnis pada bidang
kuliner.Dengan persaingan yang sangat ketat terutama di Kota Bandung, Brother
Jonn and Sons perlu mengetahui keunikannya dengan menggunakan strategi
diferensiasi agar mendapatkan keunggulan bersaing.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode
penelitian kualitatif.Data atas objek penelitian di koleksi melalui wawancara
mendalam dan pengamatan (observasi).Selanjutnya, data dianalisis menggunakan
analisis Value Chain dan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Brother Jonn and
Sons telah melakukan diferensiasi produk, diferensiasi jasa, diferensiasi citra, dan
diferensiasi saluran distribusi.Selanjutnya, berdasarkan analisis SWOT dengan
memetakan peluang dan ancaman berdasarkan analisis lingkungan eksternal dan
kelemahan dan kekuatan berdasarkan value chain, didapatkan strategi dalam
kemampuan pengembangan diferensiasi Brother Jonn and Sons.