Abstract:
Sumber daya manusia menjadi komponen yang penting dalam
perusahaan, terutama pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa.
Menarik dan mempertahankan karyawan berpotensial bukanlah persoalan
mudah bagi perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan
kriteria, perusahaan harus melakukan rekrutmen. Penulis menganalisis
adanya kesulitan CBN Bandung dalam mencari kandidat pelamar.
CBN Bandung adalah cabang dari perusahaan CBN yang berada di
Kota Bandung yang berfokus pada sales retail dengan menjual produk
berupa paket internet serta paket Televisi. Tenaga sales yang dimiliki oleh
perusahaan saat ini berjumlah 48 karyawan.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian
deskriptif analisis dengan menggunakan metode survei. Teknik yang
digunakan penulis adalah wawancara dan studi dokumen.
Hasil penelitian dari penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa
perusahaan sudah memberlakukan proses rekrutmen sesuai dengan
ketentuan, hanya saja dalam proses pencarian kandidat, CBN Bandung
sering mengalami kesulitan. CBN Bandung dapat melakukan perekrutan
satu hingga dua kali dalam seminggu. Hal ini didasari oleh hilangnya calon
pelamar di tengah jalan karena mendapatkan pekerjaan di perusahaan lain.
Frekuensi CBN Bandung dalam penggunaan metode internal juga cukup
sering, hal ini mengakibatkan adanya ketergantungan penggunaan metode
internal sebagai acuan dalam mencari calon kandidat. Metode rekrutmen
yang paling sering digunakan adalah outsourcing.
Penulis merekomendasikan dilakukannya Employer Branding
kepada CBN Bandung dalam bentuk penyelenggaraan seminar serta
pembaharuan iklan untuk meningkatkan jumlah pelamar.