Analisis penetrasi pasar Tokopedia Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Widjaya, Monique Giaramita
dc.date.accessioned 2020-04-17T06:14:06Z
dc.date.available 2020-04-17T06:14:06Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39222
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10592
dc.description 9080 - FISIP en_US
dc.description.abstract Indonesia sebagai negara berkembang memiliki 2 jenis usaha yang menjadi pondasi perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (2019) Usaha Makro, kecil dan Menengah menduduki posisi terbesar dan kenaikan yang stabil. Hal ini dapat digunakan Indonesia untuk membangun hubungan baru antar bisnis lintas batas dan pasar ASEAN dengan adopsi ICT (Information, Communication, and Technology). Pemerintah menyelenggarakan kerja sama dengan Ecommerce lokal untuk meningkatkan kemampuan bersaing para UMKM Indonesia dan salah satunya adalah Tokopedia. Dalam penelitian ini, Peneliti akan menjabarkan strategi ekspansi yang digunakan oleh Tokopedia untuk meningkatkan kemampuan bersaing pelaku UMKM di daerah Bandung. Tokopedia perusahaan ecommerce yang didirikan oleh anak bangsa William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Mereka yang meluncurkan laman resmi Tokopedia secara publik pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan visi menciptakan ekosistem dimana semua orang bisa memulai dan menemukan apapun. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan bantuan model bisnis kanvas, Analisis SWOT, Analisis lingkungan internal dan eksternal serta QSPM untuk membantu menjabarkan strategi Tokopedia Bandung. Dari hasil wawancara dan observasi, Peneliti menemukan Tokopedia Bandung berada dalam posisi kuadran V pada matriks Internal-Eksternal maka strategi yang cocok digunakan adalah strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Pada The grand strategy matrix Tokopedia Bandung berada dalam posisi yang strategis karena berada dalam pasar yang memiliki persaingan yang kuat dan cepat pergerakannya. Dan setelah dihitung menggunakan QSPM, strategi yang cocok untuk Tokopedia bandung adalah Penetrasi pasar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Ecommerce en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Matriks Internal – Eksternal en_US
dc.subject The Grand Strategy Matrix en_US
dc.subject QSPM en_US
dc.title Analisis penetrasi pasar Tokopedia Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account