Abstract:
Indonesia sebagai negara berkembang memiliki 2 jenis usaha yang menjadi
pondasi perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan
Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (2019) Usaha Makro, kecil dan
Menengah menduduki posisi terbesar dan kenaikan yang stabil. Hal ini dapat
digunakan Indonesia untuk membangun hubungan baru antar bisnis lintas batas dan
pasar ASEAN dengan adopsi ICT (Information, Communication, and Technology).
Pemerintah menyelenggarakan kerja sama dengan Ecommerce lokal untuk
meningkatkan kemampuan bersaing para UMKM Indonesia dan salah satunya
adalah Tokopedia. Dalam penelitian ini, Peneliti akan menjabarkan strategi
ekspansi yang digunakan oleh Tokopedia untuk meningkatkan kemampuan
bersaing pelaku UMKM di daerah Bandung.
Tokopedia perusahaan ecommerce yang didirikan oleh anak bangsa William
Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Mereka yang meluncurkan laman resmi
Tokopedia secara publik pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan visi menciptakan
ekosistem dimana semua orang bisa memulai dan menemukan apapun. Peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan bantuan model bisnis
kanvas, Analisis SWOT, Analisis lingkungan internal dan eksternal serta QSPM
untuk membantu menjabarkan strategi Tokopedia Bandung.
Dari hasil wawancara dan observasi, Peneliti menemukan Tokopedia
Bandung berada dalam posisi kuadran V pada matriks Internal-Eksternal maka
strategi yang cocok digunakan adalah strategi intensif yaitu penetrasi pasar,
pengembangan pasar dan pengembangan produk. Pada The grand strategy matrix
Tokopedia Bandung berada dalam posisi yang strategis karena berada dalam pasar
yang memiliki persaingan yang kuat dan cepat pergerakannya. Dan setelah dihitung
menggunakan QSPM, strategi yang cocok untuk Tokopedia bandung adalah
Penetrasi pasar.