Strategi penetrasi pasar pakaian olahraga muslim pada PT. X Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Ebelin, Felicia
dc.date.accessioned 2020-04-17T03:44:08Z
dc.date.available 2020-04-17T03:44:08Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39221
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10584
dc.description 9079 - FISIP en_US
dc.description.abstract Industri pakaian olahraga muslim di Indonesia saat ini menjadi bisnis yang sangat menggiurkan dan dilirik oleh banyak pelaku usaha, tak terkecuali PT. X. Namun banyaknya kompetitor pada industri tersebut mencerminkan kondisi persaingan yang cukup berat saat ini. Oleh karena itu PT. X memerlukan adanya analisis pasar dan perencanaan strategi yang matang untuk memasuki pasar, agar investasi yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang diinginkan. Dalam mewujudkan rencana tersebut, dilakukan pemetaan kondisi persaingan dalam industri, dengan melakukan penelitian kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Data kemudian diolah dengan analisis 4p serta Porter’s Five Forces agar dapat diketahui terkait keunggulan, kelamahan, peluang dan ancaman PT. X, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks SWOT untuk mendapatkan strategi yang tepat. Setelah itu, diberikan pula usulan persyaratan yang harus dimiliki untuk mewujudkan strategi dengan menggunakan analisis MAIR model. Berdasarkan hasil analisis, terdapat tiga kompetitor utama, yaitu Noore Sport Hijab yang unggul pada product dan promotion, SPECS Indonesia pada promotion dan price yang ditawarkan, serta Lee Vierra Active yang cukup unggul dalam semua kategori 4p namun belum menjadi pesaing utama pada kategori terentu. Dalam upaya merebut pasar ketiga kompetitor, penulis memberikan rancangan strategi penetrasi dengan tiga prioritas utama. Strategi pertama adalah melakukan promosi online secara berkala terkait keunggulan produk yang dikemas dengan konten edukasi di Instagram sebagai strategi soft selling. Disamping itu, terdapat pula strategi untuk mengoptimalkan saluran distribusi online pada PT. X, dengan masuk pada marketplace yang khusus menjual produk pakaian muslim. Strategi terakhir adalah menciptakan persepsi pada masyarakat bahwa harga produk yang ditawarkan terjangkau namun berkualitas, dengan memberikan potongan harga baik dari PT. X sendiri, maupun bekerjasama dengan pihak marketplace dalam menggapai target pasar yang lebih luas. Penyempurnaan rancangan strategi dilakukan dengan mengusulkan persyaratan yang harus dimiliki perusahaan, khususnya terkait kemampuan sumber daya manusia dan ketersediaan sumber daya lainnya melalui analisis MAIR model, agar dapat diimplementasikan secara konsisten dan berhasil mewujudkan strategi penetrasi pasar dalam pakaian olahraga muslim. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Pakaian Olahraga Muslim en_US
dc.subject Analisis Pasar en_US
dc.subject 4p en_US
dc.subject Matriks SWOT en_US
dc.subject MAIR Model en_US
dc.title Strategi penetrasi pasar pakaian olahraga muslim pada PT. X Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320101
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account