Abstract:
Konsumen semakin tertarik pada belanja berbasis online. Perilaku ini
mencakup banyak produk, termasuk pemesanan kamar hotel. Karena produk tidak
dapat dievaluasi secara fisik, maka ulasan dari konsumen yang sebelumnya telah
melakukan pembelian akan diperhitungkan dalam proses pengambilan keputusan
pembelian. Traveloka, salah satu reservasi hotel berbasis online yang terkenal telah menyediakan beberapa bentuk ulasan konsumen. Oleh karena itu, telah menarik minat untuk melakukan penelitian ini apakah online consumer review
mempengaruhi proses keputusan pembelian Reservasi Hotel di Traveloka.
Penelitian ini menggunakan metode survei, di mana kuesioner dibagikan
kepada 100 responden. Data diolah menggunakan beberapa tes untuk melihat
korelasi antara kedua variabel. Variabel online consumer review diukur dengan
dimensi source credibility, review quality,review quantity, review valence dan
perceived usefulness. Hasil menunjukkan bahwa online consumer review berada dalam kisaran yang
tinggi sementara proses keputusan pembelian berada dalam kisaran yang tinggi.
Nilai korelasi antara online consumer review dan proses keputusan pembelian
adalah 0,864 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Online consumer review
mempengaruhi proses keputusan pembelian sebesar 74,6%. Nilai koefisien regresi
linier menunjukkan hasil positif, yang berarti bahwa jika ulasan konsumen online
meningkat, proses keputusan pembelian juga akan meningkat.