Abstract:
Perkembangan infrstruktur yang sangat pesat di era pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini terutama infrastruktur jalan tol. Dengan adanya jalan tol, kondisi ini membuat persaingan antara indusrtri otomotif sendiri sangatlah ketat. Persaingan ini dapat dilihat perkembangannya dengan munculnya berbagai merek, model, tipe, warna dan spesifikasi lainnya. Maka diperlukan strategi bersaing agar perusahaan dapat bertahan.di persaingan yang semakin ketat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran dari strategi bersaing yang dilakukan oleh Asco Automotive Isuzu Bandung sebagai salah satu dealer otomotif.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara dan juga observasi. Wawancara dilakukan dengan pihak Asco Automotive Isuzu Bandung, wawancara ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang telah dijalankan dan mengetahui segala aspek informasi dan keadaan lingkungan baik internal maupun eksternal perushaan dengan menggunakan analisis PESTLE, 5 Forces, dan juga analisis SWOT.
Dari hasil penelitian Asco Automotive Isuzu Bandung menggunakan strategi best cost perusahaan menggunakan strategi ini dengan mengedepankan harga yang bersaing dan diimbangi juga dengan pengembangan inovasi produk yang dilakukan. Adapun saran untuk Asco Automotive Isuzu Bandung untuk terus bertahan pada strateginya dan terus memanfaatkan momentum atau peluang yang sudah ada saat ini yaitu perkembangan infrastruktur.