Abstract:
Analisis strategi bersaing pada Amity Studio memiliki tujuan untuk menilai
dan mengetahui posisi Amity Studio yang berlokasi di Jalan Gandapura No.55
Bandung dalam persaingan bisnis di bidang industri jasa kebugaran di Kota
Bandung, serta mengetahui strategi alternatif apa yang tepat digunakan oleh
Amity Studio dalam tercapainya keunggulan bersaing.
Penelitian ini digunakan dengan studi kasus jenis deskriptif dengan metode
penelitian kualitatif. Data bersumber dari hasil observasi dan wawancara yang
terstruktur. Data dianalisis dengan metode analisis matriks eksternal dan matriks
internal, untuk mengetahui strategi yang tepat dan efektif bagi Amity Studio.
Tahap selanjutnya adalah penentuan strategi dengan cara memasukan strategi dan
memilih strategi yang paling tepat dengan menggunakan analisis Swot dan
matriks SWOT ke dalam metode QSPM untuk mendapatkan strategi yang paling
dinilai efektif digunakan untuk Amity Studio.
Berdasarkan pada hasil analisis dari peneliti, Amity Studio telah
menunjukan beberapa karakteristik yang mengacu pada strategi fokus diferensiasi,
dan strategi yang paling efektif digunakan adalah product development, dengan
mengembangkan produk baik melakukan inovasi atau memperbaiki jasa yang
sudah berjalan sebelumnya.
Saran yang diberikan oleh penulis adalah Amity Studio adalah menyelenggarakan
event olahraga pada saat weekend seperti kelas Zumba di public area seperti Car
Free Day (CFD) atau sarana olahraga lainnya yang bertujuan untuk
mempromosikan jasa yang dimiliki oleh Amity Studio.