Evaluasi perkembangan kinerja keuangan PT. Matahari Putra Prima, Tbk. atas implementasi strategi ekspansi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Handoko, Ary
dc.date.accessioned 2020-04-16T02:57:06Z
dc.date.available 2020-04-16T02:57:06Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38937
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10542
dc.description 23809 - FE en_US
dc.description.abstract Seiring dengan pertumbuhan penduduk, peluang bagi industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) di Indonesia semakin besar karena meningkatnya kebutuhan. Namun kenyataannya, trend pertumbuhan industri FMCG sudah melambat sejak tahun 2015-2017. Ketika pertumbuhan industri melambat, PT. Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) melakukan ekspansi dengan menambah gerai. Namun, penjualan serta profitabilitas perusahaan menurun dan perusahaan tetap melakukan ekspansi hingga mengalami kerugian yang masif di tahun 2017. Hal ini membuat penulis tertarik untuk meneliti perkembangan kinerja keuangan perusahaan dengan dilakukannya strategi ekspansi tersebut. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan perusahaan atas implementasi strategi ekspansi yang dilakukan oleh MPPA dengan menggunakan analisis commonsize pada laporan keuangan, perhitungan rasio keuangan, serta analisis arus kas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi ekspansi yang dilakukan perusahaan tidak berhasil mencapai tujuannya. Penjualan bersih serta profit perusahaan mengalami penurunan, terutama pada tahun 2017. Neraca dan Laporan laba-rugi perusahaan juga memiliki trend yang kurang baik. Sejak tahun 2015 hingga tahun 2017, likuiditas perusahaan buruk, perusahaan tidak solvable, serta profitabilitasnya menurun. Kegiatan operasi perusahaan secara keseluruhan juga tidak berjalan dengan baik karena kegiatan investasi dan operasi perusahaan dibiayai oleh utang. Dari hasil penelitian tersebut, perusahaan disarankan untuk memberhentikan dahulu strategi ekspansi yang dilakukannya setiap tahun, karena strategi tersebut tidak berdampak baik pada penjualan maupun profitabilitas perusahaan. Perusahaan juga perlu lebih fokus memperhatikan pos beban. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject FMCG (Fast Moving Consumer Goods) en_US
dc.subject strategi ekspansi en_US
dc.subject kinerja keuangan en_US
dc.title Evaluasi perkembangan kinerja keuangan PT. Matahari Putra Prima, Tbk. atas implementasi strategi ekspansi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120081
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account