Analisis integrasi rantai pasokan dan inovasi produk pada 10 perusahaan busana muslim di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Satyarini, Ria
dc.contributor.author Alex, Cornelius
dc.date.accessioned 2020-04-16T02:43:23Z
dc.date.available 2020-04-16T02:43:23Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp38983
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10539
dc.description 23855 - FE en_US
dc.description.abstract Industri ekonomi kreatif di Indonesia berkembang cukup pesat beberapa tahun terakhir. Dari 16 sektor ekonomi kreatif yang ditelah ditetapkan oleh BEKRAF, sektor fesyen merupakan penyumbang kedua terbesar terhadap PDB Ekonomi Kreatif dengan persentase sebesar 18,5% (166 triliun). Industri fesyen yang sedang berkembang pesat secara global maupun di Indonesia adalah fesyen muslim. Pada tahun 2020 diharapkan Indonesia menjadi pusat dan trendsetter industri busana muslim, terutama kota Bandung. Dengan adanya perkembangan dan perubahan ini, persaingan di industri busana muslim ini menjadi sangat ketat dan kebutuhan konsumen menjadi sangat beragam, konsumen akan lebih selektif dalam membeli sebuah produk. Oleh karena itu, UMKM busana muslim di Kota Bandung harus selalu melakukan inovasi produk pada busana muslim secara tepat disertai dengan penerapan integrasi rantai pasokan yang optimal. Inovasi produk adalah inovasi yang bertujuan untuk menawarkan produk yang memiliki fitur, kemampuan, dan manfaat ke pasar. Sedangkan, integrasi rantai pasokan adalah sejauh mana suatu perusahaan berkolaborasi dengan mitra rantai pasokannya serta mengelola proses intra dan antar organisasi untuk mencapai aliran produk dan layanan, informasi, modal, dan pengambilan keputusan yang efektif dalam rantai pasokan. Integrasi rantai pasokan memiliki tiga dimensi, yaitu supplier integration, customer integration, dan internal integration. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah sepuluh perusahaan busana muslim yang dikategorikan kedalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bandung. Analisa dilakukan pada dua variabel, variabel integrasi rantai pasokan dan variabel inovasi produk. Pada variabel integrasi rantai pasokan, dimensi internal integration merupakan dimensi dengan nilai terbaik sedangkan dimensi supplier integration merupakan dimensi dengan nilai yang kurang baik. Pada variabel inovasi produk, Indikator Kemampuan Perusahaan Dalam Mengembangkan Produk Dan Fitur Produk menjadi indikator dengan nilai terbaik dan Indikator Kemampuan (Jumlah dan/atau Periode) Perusahaan Dalam Mengembangkan Fitur Produk menjadi indikator dengan nilai yang kurang baik. Dari hasil analisis yang dilakukan pada dua variabel, dari total tujuh belas indikator yang ada terdapat lima indikator yang dipenuhi paling sedikit oleh perusahaan. Pada dimensi supplier integration, hal yang dapat dilakukan perusahaan adalah mencoba untuk berkolaborasi dengan pemasok dalam pengembangan produk yang dilakukan seperti meminta masukan serta melibatkan pemasok dalam pengembangan produk dari tahapan paling awal. Pada dimensi customer integration, perusahaan melalui tim pengembangan produk harus aktif bertemu dengan konsumen untuk membahas mengenai pengembangan produk. Pada dimensi internal integration, setiap fungsi dalam perusahaan harus dilibatkan lebih banyak dalam pengembangan produk. Dengan memiliki tim pengembangan produk serta melibatkan pemasok dan konsumen lebih banyak tentunya akan membantu perusahaan dalam mengembangkan produk maupun fitur produk sehingga produk dan fitur produknya menjadi lebih inovatif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Integrasi Rantai Pasokan en_US
dc.subject Inovasi Produk en_US
dc.title Analisis integrasi rantai pasokan dan inovasi produk pada 10 perusahaan busana muslim di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120080
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account