Abstract:
Meningkatnya kepemilikan kendaraan telah menyebabkan potensi besar
dalam bisnis pencucian mobil. Selain itu, tingkat aktivitas dan keinginan praktis
ditangkap oleh pemilik Dr. Blu sebagai peluang untuk memberikan layanan
delivery carwash. Konsumen tidak perlu lagi mengunjungi tempat pencucian
mobil karena layanan akan dikirimkan ke tempat-tempat sesuai keinginan
konsumen. Ketika konsumen mendapat berbagai pilihan layanan pencucian mobil,
mempertahankan pelanggan akan penting untuk bertahan dalam bisnis ini. Oleh
karena itu, menarik untuk melakukan penelitian tentang kualitas layanan dan
pengaruhnya terhadap minat pembelian ulang oleh konsumen di Dr. Blu Delivery
Carwash.
Dalam penelitian ini, kualitas layanan diukur dengan dimensi Tangible,
Responsibility, Responsiveness, Empathy, Assurance dan minat pembelian ulang
diukur oleh dimensi Minat Transaksional, Minat Referensial, Minat Preferensial,
dan Minat Eksploratif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada
100 responden yang telah menggunakan layanan Dr. Blu Delivery Carwash.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan dinilai positif oleh
konsumen. Dan responden menunjukkan minat pembelian ulang yang tinggi di
Dr. Blu Delivery Carwash. Hasil data menunjukkan bahwa Kualitas Layanan
berpengaruh positif terhadap Minat Pembelian Ulang sebesar 50,97%. Ini berarti
bahwa peningkatan Kualitas Layanan akan meningkatkan Minat Pembelian Ulang
oleh konsumen.
Merujuk pada hasilnya, disarankan bagi Dr. Blu untuk mempertahankan
Kualitas Layanan positifnya dan untuk menambahkan layanan, seperti
menambahkan aplikasi kasir online, untuk memberikan rincian total biaya secara
otomatis dalam bentuk E-Receipt.