Abstract:
Kawasan Sentra Sepatu Cibaduyut merupakan kawasan yang banyak diminati dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung, yang dirintis sejak tahun 1920 dan berada di jalan Terusan Cibaduyut. Kawasan ini adalah tempat berkumpulnya pengrajin-pengrajin lokal yang baik seperti pengrajin kulit, sepatu, tas, baju, jaket, ikat pinggang dan lain sebagainya. Kawasan ini menawarkan berbagai macam produk terutama produk sepatu. Menurut pengamatan penulis kawasan ini banyak dikunjungi pengunjung pada setiap saat, khususnya pada akhir pekan dan hari besar lainnya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada 5 orang responden, hasil yang didapatkan bahwa mereka sering berkunjung dan tertarik untuk membeli produk di kawasan. Dapat dikatakan, terdapat pengaruh positif dari motivasi konsumen yang mempengaruhi niat beli mereka saat mengunjungi Kawasan Sentra Sepatu Cibaduyut ini, tetapi hal ini perlu dibuktikan melalui penelitian tentang pengaruh motivasi konsumen terhadap purchase intention. Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi konsumen terhadap purchase intention di Kawasan Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 115 orang responden, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan motivasi konsumen berpengaruh signifikan terhadap purchase intention di Kawasan Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung.