Pengaruh gamifikasi terhadap minat mengunjungi ulang konsumen Shopee di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Wicaksono, Bimo
dc.date.accessioned 2020-04-15T07:59:39Z
dc.date.available 2020-04-15T07:59:39Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39191
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10530
dc.description 9049 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perkembangan dunia e-commerce saat ini telah menyediakan berbagai macam pilihan yang lebih luas bagi konsumen. Konsumen dapat dengan mudah untuk beralih dari satu e-commerce ke e-commerce lainnya. Situasi ini membuat perusahaan e-commerce harus bisa menjaga lalu lintas pengunjung agar berminat untuk terus mengunjungi ulang layanannya dengan suatu tindakan promosi yang baru. Memasukan elemen game adalah salah satu upaya yang diambil untuk menarik minat konsumen untuk mengunjungi dan mengunjungi ulang ecommerce. Shopee membuat gamifikasi pada layanannya dengan menyediakan berbagai jenis game yang mudah untuk dimainkan, dimana konsumen akan diberikan hadiah berupa poin, vouchers, dll yang dapat digunakan untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gamifikasi mempunyai pengaruh pada minat mengunjungi ulang konsumen Shopee di kota Bandung. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 orang responden Shopee di kota Bandung yang pernah bermain games di Shopee. Variabel gamifikasi diukur dengan menggunakan dimensi motivasi dan keterlibatan, sementara variabel minat mengunjungi ulang diukur dengan menggunakan dimensi minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Hasilnya, ditemukan bahwa Gamifikasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Mengunjungi Ulang konsumen Shopee di kota Bandung yaitu sebesar 86,5%, sedangkan lainnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Korelasi yang positif tersebut berarti implementasi gamifikasi di Shopee mampu meningkatkan minat mengunjungi ulang konsumennya. Hasil tersebut menjadi bukti sekaligus masukan bagi manajemen Shopee untuk selalu mengevaluasi dan meningkatkan elemen games yang lebih kreatif di dalam layanannya agar konsumen terus berminat untuk mengunjungi ulang platform mereka. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Gamifikasi en_US
dc.subject Minat Mengunjungi Ulang en_US
dc.subject e-commerce en_US
dc.subject Shopee en_US
dc.title Pengaruh gamifikasi terhadap minat mengunjungi ulang konsumen Shopee di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320144
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account