Abstract:
Perkembangan dunia e-commerce saat ini telah menyediakan berbagai macam
pilihan yang lebih luas bagi konsumen. Konsumen dapat dengan mudah untuk
beralih dari satu e-commerce ke e-commerce lainnya. Situasi ini membuat
perusahaan e-commerce harus bisa menjaga lalu lintas pengunjung agar berminat
untuk terus mengunjungi ulang layanannya dengan suatu tindakan promosi yang
baru. Memasukan elemen game adalah salah satu upaya yang diambil untuk
menarik minat konsumen untuk mengunjungi dan mengunjungi ulang ecommerce.
Shopee membuat gamifikasi pada layanannya dengan menyediakan
berbagai jenis game yang mudah untuk dimainkan, dimana konsumen akan
diberikan hadiah berupa poin, vouchers, dll yang dapat digunakan untuk
berbelanja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gamifikasi mempunyai
pengaruh pada minat mengunjungi ulang konsumen Shopee di kota Bandung.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan
kepada 100 orang responden Shopee di kota Bandung yang pernah bermain games
di Shopee. Variabel gamifikasi diukur dengan menggunakan dimensi motivasi dan
keterlibatan, sementara variabel minat mengunjungi ulang diukur dengan
menggunakan dimensi minat transaksional, minat referensial, minat preferensial,
dan minat eksploratif.
Hasilnya, ditemukan bahwa Gamifikasi mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap Minat Mengunjungi Ulang konsumen Shopee di kota Bandung yaitu
sebesar 86,5%, sedangkan lainnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang
tidak diteliti. Korelasi yang positif tersebut berarti implementasi gamifikasi di
Shopee mampu meningkatkan minat mengunjungi ulang konsumennya.
Hasil tersebut menjadi bukti sekaligus masukan bagi manajemen Shopee
untuk selalu mengevaluasi dan meningkatkan elemen games yang lebih kreatif di
dalam layanannya agar konsumen terus berminat untuk mengunjungi ulang
platform mereka.