Analisis faktor-faktor brand trust dan pengaruhnya terhadap brand trust merk Zalora dan niat beli ulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Larissa, Stella
dc.date.accessioned 2017-03-21T02:32:37Z
dc.date.available 2017-03-21T02:32:37Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33557
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1051
dc.description 22329 - FE en_US
dc.description.abstract Dalam era globalisasi ini, salah satu industri yang terus berkembang adalah industri fashion. Teknologi saat ini turut mendorong dunia fashion untuk terus maju dan berkembang, dapat dilihat dengan banyak munculnya perdagangan elektronik (e-commerce) fashion di Indonesia. Zalora adalah salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara yang menjual berbagai produk fashion.Berdasarkan penelitian pendahuluan dengan 15 responden wanita yang pernah berbelanja di Zalora didapatkan data bahwa responden tertarik berbelanja di Zalora karena promo dan diskon, produk dapat dikembalikan, kemudahan pembelian, pilihan produk lengkap dan banyak,dll. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi brand trust terhadap Brand Trust Zalora dan pengaruhnya terhadap niat beli ulang. Menurut Lau dan Lee (1999:345), terdapat beberapa faktor yang dapat digunakan sebagai dasar pengukuran terciptanya brand trust, yaitu brand characteristics, company characteristics, dan consumer-brand characteristics. Menurut Amine (1998:309), dalam Sahin, Zehir dan Kitapci (2011:1291), “The trust in the purchased brand may be viewed as leverage of its credibility, which in return may reinforce the consumers' repeat buying behavior.” Penelitian menggunakan metode eksplanatori, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara tidak terstruktur, kuesioner, dan data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 102 responden wanita di Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha dan SMA BPK Penaburyang pernah berbelanja di Zalora. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji regresilinear sederhana dan berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Semua dimensi pada faktor-faktor yang mempengaruhi brand trust dinilai positif. 2. Konsumen percaya pada Merek Zalora (Brand Trust Zalora positif). 3. Semua dimensi niat beli ulang dinilai positif. 4. Faktor-faktor brand trust berpengaruh terhadap Brand Trust Zalora sebesar 48%, yaitu brand characteristics sebesar 0,676 dan consumer-brand characteristics sebesar 0,507, sedangkan company characteristics tidak berpengaruh secara signifikan. 5. Brand trust berpengaruh terhadap niat beli ulang di Zalora, yaitu konsumen percaya sepenuhnya kepada merek, konsumen dapat mengandalkan merek, dan konsumen merasa aman ketika menggunakan merek sebesar 30,4%. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject e-commerce, brand trust, niat beli ulang, Zalora en_US
dc.title Analisis faktor-faktor brand trust dan pengaruhnya terhadap brand trust merk Zalora dan niat beli ulang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120167
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account