Abstract:
Dalam era globalisasi ini, salah satu industri yang terus berkembang adalah industri fashion. Teknologi saat ini turut mendorong dunia fashion untuk terus maju dan berkembang, dapat dilihat dengan banyak munculnya perdagangan elektronik (e-commerce) fashion di Indonesia. Zalora adalah salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara yang menjual berbagai produk fashion.Berdasarkan penelitian pendahuluan dengan 15 responden wanita yang pernah berbelanja di Zalora didapatkan data bahwa responden tertarik berbelanja di Zalora karena promo dan diskon, produk dapat dikembalikan, kemudahan pembelian, pilihan produk lengkap dan banyak,dll. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi brand trust terhadap Brand Trust Zalora dan pengaruhnya terhadap niat beli ulang. Menurut Lau dan Lee (1999:345), terdapat beberapa faktor yang dapat digunakan sebagai dasar pengukuran terciptanya brand trust, yaitu brand characteristics, company characteristics, dan consumer-brand characteristics. Menurut Amine (1998:309), dalam Sahin, Zehir dan Kitapci (2011:1291), “The trust in the purchased brand may be viewed as leverage of its credibility, which in return may reinforce the consumers' repeat buying behavior.” Penelitian menggunakan metode eksplanatori, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara tidak terstruktur, kuesioner, dan data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 102 responden wanita di Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha dan SMA BPK Penaburyang pernah berbelanja di Zalora. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji regresilinear sederhana dan berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut:
1. Semua dimensi pada faktor-faktor yang mempengaruhi brand trust dinilai positif. 2. Konsumen percaya pada Merek Zalora (Brand Trust Zalora positif). 3. Semua dimensi niat beli ulang dinilai positif. 4. Faktor-faktor brand trust berpengaruh terhadap Brand Trust Zalora sebesar 48%, yaitu brand characteristics sebesar 0,676 dan consumer-brand characteristics sebesar 0,507, sedangkan company characteristics tidak berpengaruh secara signifikan. 5. Brand trust berpengaruh terhadap niat beli ulang di Zalora, yaitu konsumen percaya sepenuhnya kepada merek, konsumen dapat mengandalkan merek, dan konsumen merasa aman ketika menggunakan merek sebesar 30,4%.