Abstract:
Bisnis coffee shop di Bandung semakin kompetitif. Melihat lebih dekat ke
area yang lebih sempit, seperti di Perumahan Mekarwangi, sebuah hunian yang juga
memiliki tempat-tempat bisnis di dalamnya, konsumen dihadapkan dengan
beberapa pilihan kafe. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu Kopi-Q,
yang terletak di Perumahan Mekarwangi, Kopi-Q didirikan pada tahun 2010 dan
telah bertahan di antara kompetisi sejak saat itu. Agar kafe ini tetap ada di antara pilihan yang dipertimbangkan ketika konsumen membuat keputusan pembelian,
kafe ini melakukan beberapa upaya dalam promosi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah bauran promosi telah mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen di Kopi-Q café. Bauran promosi diukur oleh dimensi periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran media online dan sosial. Proses keputusan pembelian diukur dengan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang telah melakukan pembelian di Kopi-Q. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian konsumen sebesar 38,40%. Ini berarti bahwa peningkatan bauran promosi dapat meningkatkan proses keputusan konsumen. Mengacu pada hasilnya, disarankan Kopi-Q Bandung untuk mempertahankan dan meningkatkan bauran promosi untuk meningkatkan proses
keputusan konsumen di Kopi-Q Bandung.