Abstract:
Peningkatan jumlah penduduk di Indonesia berdampak pada meningkatnya konsumsi bahan makanan salah satunya telur ayam. Selain kandungan gizi yang tinggi, harga relatif terjangkau, dan mudah ditemukan Itulah alasan penyebab telur ayam menjadi sangat diminati masyarakat. Telur ayam pun menjadi sumber makanan yang tinggi protein juga menjadi sumber makanan yang sehat. PD. Sarana Satwa adalah salah satu produsen telur ayam yang cukup lama berkecimpung di bidangnya.
PD. Sarana Satwa dapat dikatakan cukup terkenal berdasarkan tanggapan beberapa retailer yang diteliti. Hal ini dapat dibuktikan dengan tanggapan retailer mengenai dimensi marketing mix yang mempengaruhi loyalitas retailer.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari marketing mix terhadap loyalitas retailer PD. Sarana Satwa Cianjur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dengan analisis kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara survey kuisioner disebarkan kepada 150 retailer menggunakan metode non probability purposive. Uji yang dilakukan dan digunakan dalam penelitian ini adalah uji T dan uji analisis linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari dimensi marketing mix terhadap loyalitas retailer. Bisa di simpulkan hasil penelitian ini marketing mix sangat berpengaruh pada loyalitas retailer PD. Sarana Satwa Cianjur. Terutama di bagian produk, produk paling menunjukan pengaruh signifikan terhadap loyalitas.