Abstract:
Masyarakat membutuhkan asupan 4 sehat 5 sempurna untuk melengkapi
asupan gizi hariannya . 4 sehat 5 sempurna berupa makanan pokok seperti
nasi,jagung , sayur sayuran , lauk pauk , buah buahan serta susu. Salah satu
yang menjadi asupan gizi seimbang yang banyak diolah menjadi beberapa jenis
makanan atau minuman ialah susu yang menjadi makanan atau minuman
pelengkap dalam 4 sehat 5 sempurna .
Nulla lac merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kuliner minuman
berupa susu dan yogurt. Perusahaan ini menjual susu dan yogurt dalam kemasa
botol dengan banyak varian rasa dan yang paling utama ialah terjamin akan gizi
disetiap produknya. Susu merupakan minuman penting karena mengandung
kasein yang merupakan protein berkualitas dan mudah dicerna oleh saluran
pencernaan. Sehingga dengan jelas bahwa susu membutuhkan kualiatas yang baik
agar tidak merusak kandungan gizi baik di dalamnya.
Penjelasan diatas ialah yang menjadi alasan penulis memilih kualitas produk
menjadi variabel dalam penelitian ini. Selain itupun juga penelitian ini mencoba
untuk mengetahui apakah terdapat hubungan atau pengaruh kualitas produk
terhadapat loyalitas pelanggan di Nulla Lac Bandung . Data di peroleh dengan
melakukan survei melalui penyebaran kuesioner terhadap 100 responden yang
dilakukan dengan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh nilai koefision korelasi sebesar
0,692 yang dimana termasuk dalam kategori korelasi kuat (dalam rentang 0,600-
0,799) . Dalam pengujian pun didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dan positif antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan
koefisien determinasi sebesar 47,9%.
Kesimpulan menunjukan bahwa keseluruhan penggunaan dimensi kualitas
produk pada Nulla Lac Bandung telah berjalan dengan baik dengan dimensi
Estetika dengan rata rata tertinggi yang diikuti oleh kualitas yang dipersepsikan
,kehandalan,kinerja,dan kesesuaian dengan spesifikasi yang menjadikan
meningkatnya pelanggan dan loyalitas pelanggan.