Analisis tingkat efisiensi relatif KCP Bank B di Malang untuk meningkatkan kinerja dengan metode data envelopment analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulungbudi, Brigita Meylianti
dc.contributor.advisor Fernando
dc.contributor.author Yang, Kimberly
dc.date.accessioned 2020-04-14T07:33:33Z
dc.date.available 2020-04-14T07:33:33Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp38980
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10490
dc.description 23852 - FE en_US
dc.description.abstract Salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan competitive advantage adalah dengan melakukan kerja seefisien dan seefektif mungkin agar dapat memenangkan persaingan di pasar. Kinerja sebuah perusahaan dapat diukur dengan mencari tingkat efisiensi. Efisiensi penting dilakukan karena merupakan sebuah ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber atau biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk empat cabang Bank B di Malang pada tahun 2016 sampai 2018. Mencari tingkat efisiensi relatif pada Bank B ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode data envelopment analysis (DEA) dengan software POM-QM for Windows (versi 5.2). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa Cabang L dan Cabang B adalah cabang yang paling efisien dengan tingkat efisiensi sebesar 100% untuk tahun 2016 sampai 2018, sedangkan Cabang T memiliki tingkat efisiensi hanya sebesar 72%, 69%, dan 64%. Lalu Cabang S memiliki tingkat efisiensi sedikit lebih baik dari Cabang T yaitu sebesar 83%, 79%, dan 80%. Untuk meningkatkan efisiensi pada cabang yang belum optimal, dapat dilakukan target setting kepada cabang yang sudah optimal dengan cara mengurangi input atau menambah output. Cabang T dapat mengalokasikan tenaga kerja sebanyak 4 orang, meningkatkan utilitas gedung sebesar 172 m2 dengan membangun fasilitas save deposit box, dan mengurangi jumlah biaya sebesar Rp 137.990.038. Cabang S dapat mengalokasikan tenaga kerja sebanyak 3 orang, meningkatkan utilitas gedung sebesar 59 m2 dengan membangun fasilitas save deposit box, dan mengurangi jumlah biaya sebesar Rp 105.308.584. Sebagai saran, diharapkan Cabang Bank B yang sudah optimal dapat mempertahankan kinerjanya dan cabang yang belum optimal dapat mengubah jumlah input agar efisiensi meningkat. Diharapkan juga agar Bank B dapat mengalokasikan tenaga kerja ke kantor cabang lain. Selain itu tenaga kerja juga dapat diberikan training and development agar kualitas tenaga kerja meningkat sehingga produktivitas juga dapat bertambah. Sebaiknya perusahaan menghindari PHK karena akan menambah biaya dan mempengaruhi mental tenaga kerjanya. Lalu untuk luas cabang juga dapat dimanfaatkan untuk unit usaha lain seperti asuransi atau untuk aktivitas pelayanan lain seperti membangun fasilitas save deposit box sehingga utilitas bangunan dapat bertambah. Bank B juga sebaiknya dapat melakukan benchmarking secara periodik dengan metode DEA agar dapat menggambarkan posisi setiap cabang untuk diberikan perlakuan yang tepat dan memantau perkembangan setiap cabang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Data Envelopment Analysis en_US
dc.subject efisiensi en_US
dc.subject efisiensi relatif en_US
dc.subject Decision Making Unit en_US
dc.subject target setting en_US
dc.title Analisis tingkat efisiensi relatif KCP Bank B di Malang untuk meningkatkan kinerja dengan metode data envelopment analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120030
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407067201
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427028402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account