Abstract:
Bisnis kuliner adalah usaha yang sedang marak saat ini. Kota Bandung adalah kota
yang terkenal dengan bidang kuliner nya. Salah satu jenis usaha kuliner adalah rumah
makan. Rumah makan Legoh adalah rumah makan yang populer di Kota Bandung.
Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, rumah makan Legoh menjadi kian sepi
pengunjung. Berdasakan fenomena ini penulis melakukan penelitian mengenai fakorfakor
yang mempengaruhi niat beli ulang (Y). Berdasarkan preliminary research
yang dilakukan penulis menemukan masalah yaitu food quality(X1) dan service
quality(X2).
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah cross-sectional. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi, dan menyebarkan angket kepada 150
responden. Pemilihan responden menggunakan judgmental sampling dengan asumsi
bahwa responden adalah orang orang yang sudah pernah makan di rumah makan
Legoh.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rasa, variasi menu, dan reliability memiliki
pengaruh positif terhadap niat beli ulang konsumen rumah makan legoh. Besarnya
pengaruh rasa adalah sebesar 54,3%. Pengaruh variasi menu adalah sebesar 46,4%.
Pengaruh reliability adalah sebesar 32,4%.