Abstract:
Pertumbuhan industri makanan dan minuman berkembang pesat di
Indonesia serta menjanjikan di masa yang akan datang. Salah satu Industri makanan dan
minuman yang terus bertumbuh di Indonesia adalah industri makanan es krim. Menurut
Euromonitor, walaupun konsumsi per kapitanya rendah, pasar es krim Indonesia sangat
besar secara ukuran, mencapai 158 juta liter dan terbesar di Asia Tenggara. Salah satu
dari beberapa perusahaan yang bersaing pada industri es krim di Indonesia adalah
Indoeskrim dimana, berdasarkan hasil preliminary research yang dilakukan penulis
kepada beberapa responden yang pernah membeli produk Indoeskrim, didapati bahwa
mereka tidak memiliki niat beli ulang terhadap produk Indoeskrim dikarenakan tidak puas
dengan kinerja dari food quality produk Indoeskrim.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif untuk
menjelaskan fenomena yang terjadi. Untuk pengambilan sampel penelitian, penulis
menggunakan jugdemental sampling dengan kriteria responden yang sudah pernah
membeli produk Indoeskrim dengan jumlah 110 responden. Kemudian dilakukan
pengujian menggunakan analisis regresi sederhana sebagai bentuk analisis kuantitatif
dan metode Importance Performance Analysis (IPA) sebagai bentuk analisis kualitatif.
Dari hasil pengolahan analisis kuantitatif diperoleh bahwa food quality
berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang. Kemudian kepuasan konsumen
berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang. Dari hasil pengolahan analisis kualitatif
dengan metode IPA, atribut yang perlu diperhatikan pada variabel food quality yaitu
tingkat kelembutan es krim, tingkat kepadatan tekstur es krim, dan tingkat kehalusan
tekstur es krim.