Abstract:
Sub sektor fesyen pada ekonomi kreatif Indonesia berada pada
peringkat kedua pemberi kontribusi terbesar dengan fesyen busana muslim sebagai
salah satu penyumbangnya. Perkembangan industri fesyen yang cepat
menyebabkan pelaku usaha busana muslim harus terus mengikuti perkembangan
industri fesyen busana muslim dengan cara mengoptimalkan manajemen rantai
pasok. Untuk dapat membuat pelaku usaha busana muslim dapat terus bersaing,
cara yang dapat dilakukan adalah dengan terus melakukan inovasi.
Manajemen Rantai Pasok merupakan semua tahapan proses dari
pembelian bahan baku hingga distribusi barang jadi kepada konsumen akhir. Salah
satu implementasi manajemen rantai pasok adalah dengan melakukan praktik
manajemen rantai pasok. Terdapat tiga dimensi pada praktik manajemen rantai
pasok yaitu dimensi strategic supplier partnership, dimensi customer relationship,
dan dimensi information sharing. Terdapat hubungan antara praktik manajemen
rantai pasok dengan kinerja inovasi, kinerja inovasi merupakan penggabungan dari
pencapaian organisasi dengan mempertimbangkan inovasi beragam yang dimiliki
perusahaan sebagai pembaruan dan upaya perbaikan organisasi. Terdapat dua
dimensi pada kinerja inovasi yaitu dimensi inovasi proses dan dimensi inovasi
produk.
Objek penelitian ini adalah perusahaan busana muslim di Kota
Bandung dengan sampel sepuluh perusahaan busana muslim. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dimana
data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara langsung pada sepuluh
perusahaan busana muslim. Data tersebut kemudian diolah dengan penjelasan
secara detail dan mendalam. Dari hasil pengolahan data kemudian diukur
menggunakan rubrik penilaian dan dilakukan perbandingan terhadap sepuluh
perusahaan yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan praktik manajemen
rantai pasok yang dilakukan saat ini oleh objek penelitian sudah cukup baik. Hasil
pengukuran rubrik penilaian menunjukkan bahwa rata-rata perusahaan sudah
melakukan hal yang terkait tiga dimensi mengenai strategic supplier partnership,
customer relationship, dan information sharing. Hasil kinerja inovasi yang terjadi
pada objek penelitian sudah cukup baik. Hasil pengukuran rubrik penilaian
menunjukkan bahwa rata-rata perusahaan sudah melakukan hal yang terkait dua
dimensi mengenai inovasi proses dan inovasi produk.
Berdasarkan hasil analisis setiap variabel, diperlukan beberapa
perbaikan. Pada variabel praktik manajemen rantai pasok dimensi strategic supplier
partnership, perusahaan sebaiknya membantu pemasok dalam meningkatkan
kualitas produk atau kualitas bahan baku. Pada dimensi customer relationship,
perusahaan sebaiknya mencari tahu ekspektasi konsumen di masa depan kemudian
memahami apa yang diinginkan dan diharapkan oleh konsumen mengenai produk
perusahaan. Pada variabel kinerja inovasi dimensi inovasi produk, perusahaan
sebaiknya mulai mencoba untuk mengembangkan produk yang sudah ada dengan
mencoba untuk menambahkan elemen atau fitur baru pada setiap produk baru.