Penentuan saat istirahat bagi individu dengan tipe Sirkadian Pagi : studi di simulator kereta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siswanto, Daniel
dc.contributor.advisor Susanto, Sani
dc.contributor.author Pratama, Gregorius Adrian
dc.date.accessioned 2020-01-31T05:43:36Z
dc.date.available 2020-01-31T05:43:36Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38625
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9985
dc.description 4877 - FTI en_US
dc.description.abstract Aktivitas mengemudikan kereta api membutuhkan kewaspadaan dan perhatian yang berkelanjutan. Tugas pengemudi kereta api yang membutuhkan tingkat kewaspadaan dapat menjadi penyebab dari kelelahan pengemudi kereta api yang dapat berujung kecelakaan. Selain tingkat kewaspadaan, kelelahan juga bisa disebabkan oleh kekurangan tidur pada malam sebelumnya. Kekurangan tidur dapat dilihat dari durasi tidur seseorang. Durasi tidur dipengaruhi oleh ritme sirkadian seseorang. Ritme sirkadian terbagi menjadi dua yaitu pagi dan sore. Fokus penelitian ini adalah pada partisipan tipe sirkadian pagi yang mengalami kekurangan tidur dan mengemudikan simulator di pagi hari dan sore hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah durasi tidur seseorang (time’s awake) dan time of day mempengaruhi performansi, tingkat kewaspadaan, dan durasi tidur secara simultan dari partisipan dengan ritme sirkadian pagi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan saat istirahat pada kondisi monoton di simulator kereta selama dua jam pada individu dengan tipe sirkadian pagi. Penelitian ini dilakukan dengan simulator kereta api dan melibatkan 8 orang partisipan yang mengemudikan simulator selama 120 menit dalam laboratorium terkontrol. Setiap partisipan akan menerima 4 perlakuan yang terdiri dari kombinasi antara dua variabel independen. Masing-masing dari dua variabel independen memiliki 2 level yang terdiri dari durasi tidur (cukup 7-9 jam dan kurang 2-4 jam) dan time of day (pagi dan sore). Tingkat kantuk dan tingkat kewaspadaan diukur secara objektif dengan Electroencephalograph Muse 2 (EEG) dan psychomotor vigilance task (PVT). Hasil data yang didapatkan akan diolah dengan menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari variabel durasi tidur, time of day, terhadap tingkat kantuk, tingkat kewaspadaan, dan performansi secara simultan. Dilakukan juga uji korelasi untuk melihat bagaimana pengaruh antara variabel dependen. Dari hasil pengujian MANOVA didapatkan nilai p-value 0,035 untuk variabel time of day terhadap tingkat kantuk, tingkat kewaspadaan, dan performansi. Untuk variabel durasi tidur terhadap tingkat kantuk, tingkat kewaspadaan dan performansi diperoleh nilai p-value 0,028. Nilai p-value dari durasi tidur dan time of day tidak melebihi 0,05 maka durasi tidur dan time of day berpengaruh terhadap tingkat kantuk, tingkat kewaspadaan, dan performansi. Hasil uji korelasi menunjukan nilai pearson correlation 0,011 yang menunjukan tidak ada korelasi antara tingkat kantuk dan speeding, sedangkan untuk reaction time, lapse, dan wheelslip memiliki nilai pearson correlation diatas 0,05 maka terdapat korelasi. Rekomendasi saat istirahat untuk kondisi mengemudi partisipan dengan durasi tidur cukup dan time of day pagi setelah 85 menit mengemudi, sedangkan durasi tidur cukup dan time of day sore setelah 79 menit mengemudi. Untuk partisipan dengan durasi tidur kurang dan time of day pagi setelah 63 menit mengemudi, sedangkan durasi tidur kurang dan time of day sore setelah 40 menit mengemudi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Penentuan saat istirahat bagi individu dengan tipe Sirkadian Pagi : studi di simulator kereta en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610148
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425057601
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427066101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account