Usulan Strategic Sourcing dan sistem persediaan pada Toko Besi Mitra

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aritonang, Y. M. Kinley
dc.contributor.advisor Iswari, Titi
dc.contributor.author Hastomo
dc.date.accessioned 2020-01-31T05:09:12Z
dc.date.available 2020-01-31T05:09:12Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38713
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9978
dc.description 4965 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko besi Mitra merupakan toko yang menjual bahan bangunan. Toko ini memiliki gudang untuk menyimpan produk yang digunakan untuk memenuhi permintaan konsumen. Sebagian besar gudang dipenuhi oleh produk semen. Toko ini ingin mengubah kebijakan penyimpanan, sehingga kapasitas penyimpanan semen akan berkurang. Saat ini, produk semen sering mengalami stockout dikarenakan permintaan yang banyak dan pembatasan pembelian dari supplier. Untuk mencegah jumlah stockout semakin bertambah, maka toko besi Mitra membagi menjadi 2 tipe konsumen, yaitu konsumen perorangan dan proyek. Dengan 2 tipe tersebut, toko besi Mitra ingin menyimpan produk untuk konsumen perorangan dan langsung memesan pada supplier untuk konsumen proyek. Oleh karena itu, toko besi Mitra membutuhkan usulan sistem persediaan untuk konsumen perorangan dan strategic sourcing untuk konsumen proyek. Sistem persediaan yang diusulkan merupakan fixed order size untuk menentukan jumlah pemesanan yang optimum (Q) serta reorder point (B). Sistem persediaan ini bertujuan untuk mengurangi stockout. Strategic sourcing merupakan bagian dari supply chain management untuk meningkatkan hubungan dengan supplier serta mengurangi biaya dalam pembelian. Strategic sourcing memiliki 4 tahap, yaitu learning, relationship, planning, dan performance. Setiap tahap memiliki tujuan dan metode masingmasing. Sistem persediaan yang diusulkan memiliki nilai Q sebesar 255 sak dengan reorder point sebesar 189 sak untuk memenuhi permintaan konsumen perorangan. Untuk permintaan konsumen proyek, terdapat 5 strategi yang diusulkan berdasarkan strategic sourcing, yaitu memanfaatkan kompetisi antar merk semen, menciptakan promosi, meningkatkan kualitas pelayanan, pembuatan katalog semen, dan sistem terkomputerisasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan Strategic Sourcing dan sistem persediaan pada Toko Besi Mitra en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610133
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420065701
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425129401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account