Pemilihan supplier produk kipas angin di Toko X dengan menggunakan metode Analytic Network Process

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfian
dc.contributor.author Natasya
dc.date.accessioned 2020-01-31T04:48:34Z
dc.date.available 2020-01-31T04:48:34Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38601
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9975
dc.description 4853 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko X merupakan salah satu toko di Purwakarta yang menjual berbagai produk elektronik. Salah satu produk yang paling banyak diminati oleh konsumen adalah kipas angin sehingga kipas angin memiliki omzet terbesar bila dibandingkan dengan produk lainnya yaitu sekitar 41.31%. Dalam membeli kipas angin, toko X memiliki tiga alternatif supplier yaitu supplier A, supplier B, dan supplier C. Saat ini, toko X sedang menggunakan supplier A sebagai supplier utama. Namun, sejak awal tahun 2018, supplier A memiliki masalah yang mengakibatkan peningkatan leadtime pengiriman barang ke toko X dan ketidakjelasan informasi mengenai ketersediaan barang. Oleh karena itu, toko X ingin mempertimbangkan kembali supplier A sebagai supplier utama dengan cara membandingkan supplier A dengan alternatif supplier lainnya yaitu supplier B dan supplier C. Salah satu metode pengambilan keputusan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Analytic Network Process (ANP). Terdapat lima kriteria yang dipertimbangkan dalam melakukan pemilihan supplier yaitu harga, kualitas, pelayanan, variasi produk, dan garansi produk. Selain itu, terdapat pula dua belas subkriteria yang dipertimbangkan. Berdasarkan kriteria dan subkriteria yang ada, dilakukan pemodelan ANP serta dibuat matriks perbandingan berpasangan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan software Super Decision. Berdasarkan pengolahan data tersebut didapatkan bahwa urutan bobot prioritas dari ketiga supplier dimulai dari yang tertinggi sampai dengan terendah adalah supplier C (0.38005), supplier B (0.3459), dan supplier A (0.27405). Dengan demikian, usulan pemilihan supplier produk kipas angin di toko X adalah mengganti supplier A dengan supplier C sebagai supplier utama. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Pemilihan supplier produk kipas angin di Toko X dengan menggunakan metode Analytic Network Process en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610079
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405048801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account