Pengaruh faktor internal terhadap niat internasionalisasi UMKM di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Luman, Marvin
dc.date.accessioned 2020-01-31T01:47:16Z
dc.date.available 2020-01-31T01:47:16Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38701
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9968
dc.description 4953 - FTI en_US
dc.description.abstract Ekspor merupakan salah satu aktivitas penting yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Menurunnya nilai ekspor dari tahun ke tahun dapat menjadi suatu masalah seperti yang terjadi di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor internal (sumber daya manusia, research & design, produksi, networking) yang dapat mendorong aktivitas ekspor tersebut melalui peningkatan niat internasionalisasi. Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM di Kota Bandung karena UMKM merupakan penggerak ekonomi. Dengan meningkatnya niat internasionalisasi, maka kegiatan ekspor oleh pelaku UMKM diharapkan dapat bertambah. Kuesioner digunakan sebagai alat ukur pada penelitian ini yang terdiri dari tiga bagian, yaitu profil perusahaan, niat internasionalisasi, dan determinan niat internasionalisasi. Jumlah responden yang diperoleh sebesar 93, tetapi hanya 73 responden yang layak digunakan sebagai data penelitian karena beberapa faktor seperti perusahaan yang tidak terletak di Kota Bandung dan perusahaan tidak tergolong UMKM. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan metode PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS 3. Berdasarkan pengolahan data, terdapat dua faktor internal yang memengaruhi niat internasionalisasi UMKM di Kota Bandung, yaitu sumber daya manusia dan jaringan (networking). Variabel sumber daya manusia menghasilkan path coefficient sebesar 0,257, sedangkan variabel networking menghasilkan path coefficient sebesar 0,68 terhadap niat internasionalisasi. Usulan diberikan untuk menaikan nilai niat internasionalisasi melalui variabel sumber daya manusia dan networking. Untuk variabel sumber daya manusia diberikan usulan yang terkait dengan mepekerjakan karyawan dengan pendidikan tinggi dan kemampuan dalam berbahasa Inggris serta pemberian pelatihan dan penambahan karyawan. Selain itu, pihak perusahaan juga lebih baik mempertimbangkan untuk memilih jenis kelamin laki – laki dengan usia yang tua untuk menjabat pada posisi eksekutif. Keterbukaan terhadap peluang – peluang bisnis juga sebaiknya dimiliki oleh perusahaan. Untuk variabel networking diberikan usulan yang terkait dengan keaktifan pimpinan atau pihak eksekutif perusahaan dalam berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat menambah wawasan terhadap internasionalisasi, seperti menghadiri seminar atau pameran internasional, lebih banyak membaca artikel atau buku, dan meluangkan waktu untuk berpergian ke luar negeri. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Pengaruh faktor internal terhadap niat internasionalisasi UMKM di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610095
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account