Abstract:
Apartemen KIM Residence adalah salah satu apartemen baru di Kota
Karawang yang akan dibangun. Lokasi apartemen tersebut akan berada di dalam
KIM (Kawasan Industri Mitra Karawang), dimana terdapat banyak perusahaan di
dalam kawasan industri tersebut. Saat ini, pihak perusahaan belum memiliki
strategi komunikasi pemasaran untuk produk mereka, padahal penjualan akan
dilakukan selama 5 tahun dan target yang cukup banyak. Pihak perusahaan juga
belum meneliti bagaimana persepsi, khususnya pada orang Karawang,
mengenai pandangan mereka terhadap apartemen itu sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi komunikasi
pemasaran yang sesuai untuk Apartemen KIM Residence. Sebelum merancang
strategi komunikasi pemasaran, dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi
orang mengenai apartemen terlebih dahulu menggunakan Choice-Based
Conjoint. Dari penelitian ini juga didapatkan produk atau unit mana dari
apartemen yang nantinya akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk dipilih
oleh orang. Selain itu, positioning Apartemen KIM Residence juga akan dilihat
dibandingkan opsi lainnya.
Hasil positioning untuk Apartemen KIM Residence lebih unggul
dibandingkan opsi lain, kecuali pada atribut biaya bulanan. Strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan adalah Integrated Marketing Communication Mix.
Hasil dari program komunikasi pemasaran tersebut akan sampai pada timeline
penjualan selama 5 tahun yang berisi estimasi biaya dan aktivitas-aktivitas yang
akan dilakukan.