Abstract:
Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang paling
berkembang di Indonesia. Hal ini disebabkan industri makanan dan minuman merupakan
sektor industri yang paling mudah dilakukan pelaksanaannya dibandingkan dengan sektor
industri lainnya. Pertumbuhan industri makanan dan minuman ditandai dengan banyaknya
rumah makan yang bermunculan. Dengan banyaknya jumlah rumah makan yang dibuka
menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat. Hal serupa juga terjadi pada foodcourt
yang memiliki banyak counter penjual makanan maupun minuman.
Counter Kuai Zi merupakan salah satu counter yang terdapat di foodcourt Eureka
yang berada di dalam Universitas Kristen Maranatha. Permasalahan yang dihadapi oleh
counter Kuai Zi adalah terjadinya penurunan penjualan makanan. Berdasarkan
permasalahan tersebut, penelitian bertujuan untuk menilai persepsi konsumen terhadap
performansi counter Kuai Zi dan mengetahui customer perceived value yang
mempengaruhi pilihan mahasiswa dalam pengambilan keputusan pembelian makanan.
Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Berdasarkan hasil
penelitian, diberikan usulan strategi yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada
counter Kuai Zi dengan menggunakan marketing mix 4C yaitu customer value, customer
cost, customer convenience, dan customer communication.
Hasil menunjukkan bahwa performansi customer value dan customer cost dari
counter Kuai Zi sudah cukup baik, sedangkan performansi customer convenience dan
customer communication masih berada dalam rentang rata-rata. Dimensi yang memiliki
pengaruh secara signifikan terdapat pada dimensi customer value dan customer
communication. Prioritas perbaikan dilakukan dengan menjaga kualitas produk,
melakukan promosi, membuat penawaran spesial, membuat paket makanan, dan
memberikan diskon harga.