Abstract:
Pertumbuhan UMKM makanan, khususnya di kota Bandung mendorong para
pemilik UMKM untuk terus memikirkan strategi pemasaran melalui berbagai cara. Saat ini,
kemasan dianggap sebagai elemen penting kelima dalam strategi pemasaran tersebut
selain produk, harga, tempat, dan promosi. Kemasan sebagai media komunikasi antara
produsen dan pembeli yang juga merupakan elemen fisik yang secara langsung dirasakan
oleh konsumen melalui interaksi yang dilakukan saat menggunakan kemasan sehingga
perancangan yang sesuai dapat meningkatkan ketertarikan konsumen untuk kembali
memilih produk yang sama.
Perancangan kemasan pada umumnya mempertimbangkan kebutuhan
konsumen dalam serangkaian proses yang dijalankan. Namun, seringkali hasil
perancangan pada akhirnya mengabaikan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh
konsumen, sehingga pada akhirnya konsumen sendiri yang harus menyesuaikan kembali
dengan kemasan baru yang dipasarkan. Dengan menggunakan metode Participatory
Design, konsumen dan produsen dilibatkan dalam proses perancangan sehingga konsep
yang dihasilkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen serta
disesuaikan dengan kondisi produsen saat ini.
Pop Donut merupakan produk UMKM donat mini yang diproduksi oleh
Donutpedia. Melalui hasil wawancara dengan 21 responden dan studi literatur yang
dilakukan, diperoleh sebanyak 24 buah kriteria kebutuhan responden terhadap kemasan
donat pada umumnya dan 17 buah kriteria lainnya yang berasal dari berbagai literatur.
Berdasarkan hasil evaluasi kemasan Pop Donut saat ini dengan menggunakan metode
penyebaran kuesioner kepada konsumen Pop Donut, diketahui terdapat 22 atribut yang
memmbutuhkan perbaikan. Terdapat dua buah usulan perbaikan kemasan yang terpilih
melalui kegiatan Participatory Design Workshop. Dari kedua usulan tersebut, dipilih usulan
perbaikan kemasan alternatif ke-2 dengan ukuran alas sebesar 6,5 cm x 6,5 cm, ukuran
tutup sebesar 9 cm x 9 cm dan tinggi sebesar 13 cm serta berbahan karton ivory. Usulan
tersebut dipilih karena menghasilkan rata-rata penilaian tingkat kepuasan tertinggi yaitu
sebesar 165,53.