Perancangan usulan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada Toko Olahraga X menggunakan analisis SWOT dan QSPM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.author Kurniawan, Irvan
dc.date.accessioned 2020-01-30T03:42:13Z
dc.date.available 2020-01-30T03:42:13Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38688
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9943
dc.description 4940 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko Olahraga X merupakan salah satu penjual peralatan olahraga di Kota Bandung. Saat ini, Toko Olahraga X melakukan penjualan melalui toko fisik. Perusahaan mengalami permasalahan yaitu berkurangnya omset penjualan dalam kurun waktu dua tahun terakhir yaitu tahun 2017 dan 2018. Melalui identifikasi dan wawancara, permasalahan terjadi karena pihak manajemen toko belum melakukan pemasaran dengan baik dan banyaknya kompetitor di pangsa pasar yang sama. Penurunan pendapatan Toko Olahraga X bertentangan dengan data perkembangan potensi pasar olahraga yang cenderung mengalami kenaikan. Permasalahan yang dihadapi oleh Toko Olahraga X membutuhkan penanganan yang tepat. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan usulan strategi pemasaran adalah metode analisis faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Faktor internal dan eksternal yang sudah diidentifikasi akan digunakan untuk mendapatkan posisi perusahaan dengan menggunakan matriks Internal dan Eksternal. Hasil yang didapatkan dari matriks tersebut akan digunakan untuk menjadi pertimbangan dalam merancang beberapa alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan. Metode yang digunakan dalam melakukan perancangan adalah analisi SWOT dan QSPM. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah posisi Toko Olahraga X berada pada segmen IV atau grow and build. Perusahaan perlu melakukan pengembangan agar dapat menguasai segmen pasarnya. Beberapa strategi yang digunakan untuk melakukan grow and build adalah strategi market development, market penetration dan product development. Toko Olahraga X perlu menerapkan beberapa alternatif strategi unggulan yaitu membuka cabang baru dan melakukan periklanan serta promosi lebih intensif dan efektif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan usulan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada Toko Olahraga X menggunakan analisis SWOT dan QSPM en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610014
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430126001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account