Abstract:
Toko Olahraga X merupakan salah satu penjual peralatan olahraga di Kota Bandung. Saat ini, Toko Olahraga X melakukan penjualan melalui toko fisik. Perusahaan mengalami permasalahan yaitu berkurangnya omset penjualan dalam kurun waktu dua tahun terakhir yaitu tahun 2017 dan 2018. Melalui identifikasi dan wawancara, permasalahan terjadi karena pihak manajemen toko belum melakukan pemasaran dengan baik dan banyaknya kompetitor di pangsa pasar yang sama. Penurunan pendapatan Toko Olahraga X bertentangan dengan data perkembangan potensi pasar olahraga yang cenderung mengalami kenaikan.
Permasalahan yang dihadapi oleh Toko Olahraga X membutuhkan penanganan yang tepat. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan usulan strategi pemasaran adalah metode analisis faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Faktor internal dan eksternal yang sudah diidentifikasi akan digunakan untuk mendapatkan posisi perusahaan dengan menggunakan matriks Internal dan Eksternal. Hasil yang didapatkan dari matriks tersebut akan digunakan untuk menjadi pertimbangan dalam merancang beberapa alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan. Metode yang digunakan dalam melakukan perancangan adalah analisi SWOT dan QSPM.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah posisi Toko Olahraga X berada pada segmen IV atau grow and build. Perusahaan perlu melakukan pengembangan agar dapat menguasai segmen pasarnya. Beberapa strategi yang digunakan untuk melakukan grow and build adalah strategi market development, market penetration dan product development. Toko Olahraga X perlu menerapkan beberapa alternatif strategi unggulan yaitu membuka cabang baru dan melakukan periklanan serta promosi lebih intensif dan efektif.