Abstract:
Kedai Kopi Warga merupakan salah satu coffee shop baru yang bergerak di Kota
Bandung. Perusahaan ini dapat disebut sebagai coffee shop karena menu utama yang
mereka jual adalah minuman kopi. Kedai Kopi Warga memiliki permasalahan dalam
menjalankan usahanya, yaitu kesulitan dalam penjualan. Kesulitan penjualan ini
disebabkan oleh banyaknya coffee shop yang ada di Kota Bandung, sedikitnya informasi
mengenai adanya Kedai Kopi Warga, dan kurangnya pemasaran yang dilakukan oleh
Kedai Kopi Warga. Oleh karena itu, diperlukan perancangan strategi-strategi baru yang jitu
yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk mereka.
Perancangan usulan strategi pemasaran untuk Kedai Kopi Warga menggunakan
beberapa tools. Tools yang digunakan pada penilitian ini yaitu 5C Analysis, PESTLE
Analysis, 7P Marketing Mix, Internal Audit, Internal Factor Evaluation, External Factor
Evaluation, Matriks Internal-Eksternal, Matriks QSPM dan Matriks TOWS 5C Analysis
adalah tools yang menganalisis aspek company, collaborators, competitors, customers
dan context. PESTLE Analysis berguna untuk mengidentifikasi lingkungan eksternal dari
aspek Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Hukum, dan Lingkungan. 7P Marketing Mix
merupakan tools yang berguna untuk mengidentifikasi kondisi saat ini dan juga
memberikan usulan kepada perusahaan dalam segi pemasaran yang terdiri dari product,
price, promotion, place, people, process, physical evidence. Faktor internal dan eksternal
dari coffee shop diidentifikasi dan dianalisis untuk mengetahui kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman yang dihadapi. Faktor eksternal diidentifikasi dengan
menggunakan 5C Analysis dan PESTLE Analysis. Faktor Internal diidentifikasi dengan
menggunakan 7P Marketing Mix dan Internal Audit. Kondisi pasar diidentifikasi melalui
penelitian dan artikel-artikel berita yang memiliki data yang relevan mengenai industri
coffee shop. Matriks Internal-Eksternal digunakan agar mendapatkan strategi yang tepat
dan sesuai. Matriks QSPM digunakan untuk menentukan strategi yang lebih menarik bagi
perusahaan. Strategi Level Bisnis ditentukan berdasarkan kondisi perusahaan saat ini,
Matriks TOWS digunakan untuk merancang usulan strategi untuk perusahaan. 7P
Marketing Mix digunakan untuk memberikan usulan kepada perusahaan yang berkaitan
dengan strategi yang dipilih pada tools-tools sebelumnya.
Penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa alternatif strategi. Usulan yang
diberikan yaitu meningkatkan kualitas rasa kopi, menemukan tingkat roasting yang pas,
memperluas area outdoor, meningkatkan efektivitas pemasaran menggunakan media
sosial, memasang papan nama di pinggir jalan, dan menjual biji kopi melalui situs ecommerce.
Strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada Kedai Kopi Warga
adalah: meningkatkan kualitas rasa kopi, menemukan tingkat roasting yang pas dan
memperluas area outdoor.